Comscore Tracker

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bike

Mana yang jadi pilihanmu?

Jakarta, IDN Times - Sepeda gravel memiliki penampilan yang hampir serupa dengan endurance road bikes. Di antara keduanya, sepeda gravel lebih mampu melintas di banyak jenis permukaan medan, sambil mempertahankan kenyamanan pesepeda.

Jenis sepeda ini punya kemampuan beradaptasi, keserbagunaan, dan ketangguhan yang menjadikannya sepeda commute sekaligus sepeda touring yang ideal.

Kemiripannya dengan endurance road bikes terkadang sulit membedakan antara keduanya. Namun, jika diamati lebih jauh, sepeda gravel punya beberapa fitur yang membedakannya dari road bike.

Baca Juga: Gak Melulu Mahal, Ini Road Bike yang Dibanderol di Bawah Rp10 Juta

1. Ban

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bikeflickr.com/mahall bikeworks

Sepeda gravel dan road bike memiliki ukuran ban yang sangat berbeda, sehingga masing- masing membutuhkan tekanan ban yang berbeda pula.

Road bikes dirancang agar memiliki resistensi berputar sekecil mungkin. Biasanya road bikes menggunakan ban dengan ukuran 23 mm atau 25 mm. Sedangkan, road bikes untuk endurance biasanya menggunakan ban berukuran lebih lebar, seperti 28 mm.

Ban road bikes punya tekanan udara yang relatif tinggi, umumnya di angka 80 hingga 130 PSI. Ini membuat road bike bisa melaju kencang di jalan, tapi pesepeda akan benar-benar merasakan benturan di permukaan jalan.

Sementara, sepeda gravel beroperasi biasanya beroperasi dengan ban ukuran lebih besar, yaitu 35 mm hingga 45 mm. Tekanan udara yang diberikan pada ban sepeda gravel umumnya berada di kisaran 15 hingga 50 psi.

Perbedaan lain yang bisa dilihat dari ban sepeda gravel dan road bike adalah pola tapak. Ban road bike punya pola tapak yang membuatnya terlihat mulus. Tak heran karena road bike memang diperuntukkan untuk di permukaan rata.

Berbeda dengan gravel bike yang pola tapaknya tampak lebih agresif. Ini untuk meningkatkan cengkeraman ban pada permukaan trek yang tidak rata.

2. Rem

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bikeflickr.com/1jyo Ultimate Factory

Sepeda gravel dilengkapi dengan rem cakram. Hal ini salah satunya dikarenakan rem cakram menawarkan tenaga pengereman yang lebih besar. Rem cakram juga berhenti lebih baik di kondisi-kondisi seperti berlumpur dan basah.

Dengan road bike, jenis rem yang lebih populer adalah rim brakes. Walau pun demikian, road bikes dengan rem cakram sudah mulai banyak ditemukan. Alasan di balik popularitas rim brakes di kalangan road bikes adalah jenis rem ini diketahui lebih menawarkan bobot yang ringan, dan pada gilirannya menjaga kecepatan sepeda.

3. Geometri

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bikeflickr.com/Glory Cycles

Sepeda gravel memiliki geometri yang lebih rileks dibandingkan dengan road bikes. Sepeda gravel dirancang dengan geometri yang memadukan kenyamanan dan efisiensi. Road bikes biasanya punya geometri yang membuat posisi bersepeda lebih rendah untuk meningkatkan aerodinamika.

Sepeda gravel punya jarak sumbu roda yang lebih panjang untuk menjaga
stabilitas saat bersepeda di permukaan jalan yang tidak rata. Head tube sepeda gravel juga relatif lebih tinggi untuk memungkinkan posisi lebih tegak dan rileks.

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya