Comscore Tracker

Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi, Ini Tips Pilih Rak Sepeda untuk Mobil

Pastikan mobil dan sepeda cocok dengan rak

Jakarta, IDN Times - Bagi sebagian pesepeda, kepuasan bersepeda ditemukan di lokasi yang jauh dari rumah. Ini biasanya dirasakan pesepeda gunung yang membutuhkan trek dengan karakteristik tertentu.

Jika gowes dari rumah ke lokasi gowes terlalu jauh untuk ditempuh dengan sepeda, maka pesepeda harus mengambil opsi untuk membawa sepeda dengan mobil sampai ke lokasi gowes.

Jika memiliki sepeda lipat, mungkin ini bukan sesuatu yang terlalu dipusingkan. Namun, jika sepeda yang dibawa jenis sepeda gunung atau sepeda gravel, maka pesepeda baiknya memasang rak sepeda di mobil.

Namun, memasang rak sepeda di mobil tak boleh asal pilih. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa diingat ketika memilih rak sepeda.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Suspensi Sepeda Gunung, Supaya Gowes Lebih Nyaman

1. Sesuaikan spesifikasi sepeda dengan rak

Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi, Ini Tips Pilih Rak Sepeda untuk Mobilid.pinterest.com

Pertimbangkan faktor-faktor seperti berat sepeda, ukuran roda, hingga bahan rangka.
Hal-hal seperti ini bisa membantu ketika harus memilih jenis rak sepeda yang paling tepat untuk dipasang di mobil. Sebab, tak semua sepeda cocok dibawa dengan jenis rak tertentu.

Misalnya, sepeda listrik akan membutuhkan rangka yang lebih kuat untuk menahan bobotnya. Sepeda dengan ban besar juga akan membutuhkan alas yang bisa menampung ukuran ban.

Begitu pun ketika pesepeda harus membawa sepeda anak dan sepeda dewasa, pesepeda harus memilih rak sepeda yang lebih serbaguna, seperti rak sepeda untuk di atap mobil.

2. Pertimbangkan kemudahan memasang dan melepas sepeda dari rak

Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi, Ini Tips Pilih Rak Sepeda untuk Mobilgreencarreports.com

Salah satu hal penting untuk dipertimbangkan adalah kemudahan memasang dan melepas sepeda dari rak. Jika pesepeda mempertimbangkan memilih rak di atap mobil, jangan lupa juga perkirakan tinggi yang dibutuhkan untuk menaikkan sepeda dan menurunkan kembali.

Rak model tray di bagian belakang mobil bisa jadi pilihan rak sepeda yang proses bongkar-muatnya tak begitu sulit. Selain itu, jika hendak memilih rak untuk dipasang di pintu bagasi, perkirakan juga apakah model yang dipilih mengizinkan pemilik mobil untuk mengakses bagasi.

3. Pastikan mobil cocok dengan jenis rak yang dipilih

Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi, Ini Tips Pilih Rak Sepeda untuk Mobilpinterest.co.uk

Selalu periksa buku manual kendaraan sebelum memilih rak sepeda. Jika ingin memasang rak sepeda di atap mobil, pastikan pemiliknya mengetahui berat maksimum yang diizinkan. Jika memasang di bagian belakang, seperti hitch rack, cek terlebih dahulu kapasitas derek mobil dan bagaimana cara yang tepat.

Jenis mobil yang dikendarai juga bisa menjadi salah satu acuan ketika memilih rak mobil. Mobil kompak seperti sedan bisa mempertimbangkan rak sepeda untuk di bagian atap mobil. Mobil kompak lain seperti hatch back bisa memilih rak untuk di bagian bagasi mobil, apabila diyakini tetap menjaga ground clearance pada ketinggian ideal.

Mobil-mobil yang punya bodi lebih besar seperti Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi-Purpose Vehicle (MPV) umumnya bisa menggunakan hampir semua jenis rak sepeda, dengan mempertimbangkan kapasitas dan sesuai dengan sepeda.

Baca Juga: Tips Memilih Ban Sepeda, Biar Gowes Lebih Nyaman 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya