Comscore Tracker

Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  

Beda cerita dengan di Indonesia ya!

Jakarta, IDN Times - Pabrikan Jepang memang menguasai pasar sepeda motor tanah air. Honda, Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki adalah merek-merek yang hampir pasti dikenal semua biker Indonesia.

Maklum saja, selain eksisten mereka yang sudah puluhan tahun, kualitas motor bikinan pabrikan Jepang juga sangat bisa diandalkan. Selain itu harganya juga jauh lebih murah dari motor-motor Eropa. 

Namun lain cerita di India. Di negeri Bollywood itu pabrikan Jepang harus melawan sengitnya perlawanan pabrikan motor lokal. Bahkan bisa dibilang merek-merek lokal di sana menjadi tuan di negeri sendiri.

Nah, berikut merek-merek motor asal India yang siap mendunia.

Baca Juga: Deretan Mobil India Mulai Mendunia, Ancaman Pabrikan Jepang dan Eropa

1. Hero

Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  heromotocorp.com

Hero adalah salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia. Hampir setengah dari semua sepeda motor yang dijual di India dibuat Hero. Pada 2018, Hero memproduksi lebih dari 7,5 juta sepeda motor.

Terlepas dari jangkauan pasarnya, Hero adalah perusahaan yang relatif berusia muda. Perjalanan Hero dimulai pada 1984 sebagai usaha patungan antara Hero Cycles dan Honda.

Hero menjadi perusahaan independen setelah memutuskan hubungan dengan Honda pada 2011.

Baca Juga: Mengenang Honda NSR 150, Nostalgia Sang Primadona 

2. Royal Enfield

Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  royalenfield.com

Royal Enfield sebenarnya perusahaan Inggris yang didirikan pada 1901. Perusahaan ini membuat sepeda motor model klasik seperti Royal Enfield Bullet, Classic 350, Meteor 350, Classic 500, Interceptor 650, Continental, dan lainnya.

Royal Enfield juga membuat motor petualang dan off-roading seperti Royal Enfield Himalayan. Motor Royal Enfield dilengkapi mesin satu silinder dan dua silinder.

Model Bullet hingga hari ini masih diproduksi dengan evolusi desain yang dikembangkan dari desain 1932. Royal Enfield termasuk salah satu merek sepeda motor tertua di dunia dengan model Bullet sebagai produksi sepeda motor terlama sepanjang masa.

Kini sebagian besar saham Royal Enfield dimiliki Eicher Group, perusahaan motor asal India.

3. Bajaj

Motor-motor India Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri  bajajauto.com

Selain memproduksi kendaraan bermotor roda dua, Bajaj juga memproduksi kendaraan roda tiga. Saat ini Bajaj termasuk sebagai  produsen kendaraan roda tiga terbesar di dunia. Bajaj telah membangun kemitraan dengan KTM dan Triumph.

Produksi Bajaj fokus pada mesin berkapasitas kecil untuk pasar domestik. Dari kemitraan internasional yang dimiliki, Bajaj turut berambisi memenuhi keinginan pasar negara berkembang akan merek Eropa yang lebih eksotis.

Bajaj juga fokus pada skuter pada awal kehadirannya dan membuat Vespa di bawah lisensi dari Piaggio pada 1960-an. Bajaj membuat sepeda motor pertamanya pada 1986.

Belakangan Bajaj mengumumkan usaha patungan dengan Triumph untuk mengembangkan berbagai mesin berkapasitas kecil-menengah. Merek satu ini pernah mencicipi pasar otomotif tanah air namun kalah bersaing dengan pabrikan Jepang.

Baca Juga: Bukan Motor MotoGP, Ini Deretan Motor Tercepat di Dunia! 

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya