Comscore Tracker

4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit 

Salah satunya bisa menghemat bahan bakar

Jakarta, IDN Times - Banyak cara mendongkrak akselerasi kendaraan, salah satunya dengan mengganti busi standar dengan busi iridium. Cara ini terbilang paling mudah. Sebab kamu gak perlu membongkar mesin. Cukup lepaskan busi standar kemudian pasang busi iridium. Kamu bahkan bisa melakukannya tanpa ke bengkel.

FYI, iridium adalah unsur kimia yang memiliki nomor atom 77. Ia dikenal karena kekerasannya tetapi juga bisa sangat rapuh dalam keadaan alaminya. Apakah busi iridium memang bisa mendongkrak akselerasi dan performa kendaraan atau sekadar mitos belaka?

1. Busi iridium dapat meningkatkan akselerasi kendaraan

4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit Pixabay.com/christels

Saat menggunakan busi iridium, mungkin kamu dapat melihat peningkatan yang signifikan pada akselerasi kendaraan. Keuntungan ini bisa terjadi karena ada respons yang lebih cepat terhadap operasi throttle mobil.

Kamu akan dapat merasakan perbedaannya, terlebih ketika kamu melintasi jalur tol dengan kecepatan tinggi saat pergi ke suatu tempat.

Baca Juga: 4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti, Jangan Tunggu Mogok

2. Busi iridium juga bisa menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar

4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit wallpaperflare.com

Karena kekuatannya, busi Iridium dapat meningkatkan kinerja mesin mobil. Keuntungan ini dapat terlihat dalam situasi di mana kamu harus melintasi jalanan yang terjal atau menghadapi situasi mengemudi dengan medan yang menantang.

Kamu akan melihat adanya peningkatan pengalaman mengemudi yang menjadi lebih nyaman, memberikan laju yang lebih mulus, serta kendali yang lebih baik.

Keuntungan ini dapat berlipat ganda bila kendaraan kamu memiliki transmisi variabel. Jika kamu menggunakan transmisi manual, maka kamu masih bisa merasakan manfaatnya ketika memindahkan gigi sesuai dengan kondisi jalan.

3. Kendaraan akan semakin terawat

4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit Busi iridium (maxrpm.de)

Elektroda tengah pada iridium yang sangat halus akan bekerja keras untuk mendapatkan pengalaman pengapian terbaik. Sebagian besar pengemudi melihat peningkatan performa mesin secara langsung setelah menggantinya dengan busi iridium.

Karena ada sedikit dispersi pada komponen ini, kondisi idling kendaraan juga menjadi lebih stabil sesudahnya. Pada intinya, kendaraan akan semakin terawat jika dibandingkan dengan menggunakan busi standar.

4. Lebih hemat bahan bakar

4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit ANTARA FOTO/Reno Esnir

Beralih menggunakan busi iridium dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan di jalan raya atau di perkotaan. Manfaat ini bisa didapatkan karena busi iridium memiliki profil pengapian yang lebih baik yang memungkinkan bahan bakar kendaraan terbakar lebih efisien. Meskipun tingkat efisiensinya tidak terlalu tinggi, sebagian besar pengemudi dapat mengalami kenaikan sekitar 10 hingga 20 persen dari seluruh tangki bensin. 

Baca Juga: Duh Busi Mendadak Mati? Ini Cara Mengatasinya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya