Comscore Tracker

Cara Mudah Merawat Rem ABS Motor

Rem ABS bisa mendongkrak keamanan pengendara

Jakarta, IDN Times - Sistem pengereman Anti-lock braking system (ABS) kini bukan lagi sesuatu yang langka. Sebab hampir semua kendaraan kini mengadopsi teknologi tersebut, termasuk sepeda motor.

Selain menambah keamanan bagi pengendara, kehadiran ABS sekaligus sebagai pendongkrak harga motor. Sebab motor berfitur ABS harga jualnya pasti lebih tinggi dibandingkan motor tanpa ABS. 

So, bersyukur banget kalau motormu sudah dilengkapi ABS. Caranya bisa dengan merawatnya. Nah, berikut beberapa cara merawat fitur ABS sepeda motor.

1. Menjaga kebersihan rem ABS dari debu dan kotoran yang membandel

Cara Mudah Merawat Rem ABS Motorwww.autoby.jp

Sebenarnya, perawatan rem ABS hampir mirip dengan rem non-ABS. Hal yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan, terutama di bagian sekitaran cakram dan sensor speed. Debu, pasir, dan kotoran yang menempel secara berlebihan dapat mengganggu proses pengereman dan fungsi sensor speed ABS. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian tersebut agar rem ABS tetap awet.

Baca Juga: Benarkah Rem Tromol Lebih Bandel dari Cakram?

2. Mengganti minyak rem secara rutin

Cara Mudah Merawat Rem ABS MotorVespa Sprint 150 i-Gests ABS. IDN Times/Daruwaskita

Selain menjaga kebersihan pada bagian cakram dan sensor speed-nya, kamu juga perlu mengganti minyak remnya secara rutin. Hal ini bertujuan untuk merawat sistem mekaniknya agar tetap berjalan optimal. Kamu bisa mengganti minyak rem setiap 2 tahun sekali. 

Rem ABS menggabungkan sistem pengereman sistem mekanik dan sistem elektronik. Oleh karena itu, jangan lupakan untuk merawat sistem elektroniknya juga, ya.

3. Usahakan agar rem ABS tidak kebasahan saat sedang dibersihkan

Cara Mudah Merawat Rem ABS Motorautoevolution.com

Rem ABS juga mengandalkan sistem elektronik dalam proses kerjanya. Walau tidak ada perawatan yang khusus, namun jangan sampai komponen elektronik ini kebasahan saat sedang dibersihkan.

Umumnya, komponen elektronik pada rem ABS sudah kedap air untuk terhindar dari kerusakan. Jika komponen tersebut bisa sampai basah, maka rem ABS akan error dan tidak mampu bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Dianggap Sudah Kuno, Ini 3 Kelebihan Rem Tromol!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya