Comscore Tracker

Chukudu Jadi Sepeda Paling Unik di Kongo

Terbuat dari kayu tapi bisa mengangkut ratusan kilogram

Jakarta, IDN Times - Chukudu merupakan sepeda kayu tanpa mesin yang bisa kita temukan di Goma, ibu kota provinsi Kivu Utara, Republik Demokratik Kongo Timur. Chukudu digunakan untuk mengangkut kargo dan dapat membawa beban ratusan kilogram sekaligus.

Chukudu memainkan peran penting dalam perekonomian Goma. Bahkan seorang laki-laki muda bisa mendapatkan penghasilan dengan mengangkut barang menggunakan sepeda ini. Meski terbuat dari kayu namun struktur kendaraan ini sangat kokoh dan cocok untuk kontur jalanan Goma.

1. Terbuat dari material dan desain yang sangat sederhana

Chukudu Jadi Sepeda Paling Unik di KongoChukudu (eastcoastdaily.in)

Sepeda tanpa mesin ini memiliki rangka bersudut, papan panjang dengan dua roda kecil di kedua ujungnya, dan setang. Semua material terbuat dari kayu. Terkadang rodanya dibungkus dengan potongan tapak dari ban bekas. Biasanya chukudu memiliki pad di bagian papannya.

Pengendara menjaga satu lutut di bantalan ini sambil mendorongnya dengan kaki lainnya. Meskipun kendaraan ini terlihat aneh, chukudu dapat melaju dengan sangat cepat bahkan dengan beban yang berat.

Chukudu bergerak dengan momentum. Jika chukudu kosong dan berada di tanah datar, pengendara meletakkan satu lutut di papan dan mendorong tanah dengan kaki lainnya mendorong kendaraan, seperti layaknya skateboard.

Jika pengendara chukudu menuruni lereng, maka ia berdiri di papan dengan satu kaki menempel pada ban belakang untuk bertindak sebagai rem karena tidak ada rem pada kendaraan ini. Terkadang pengemudi menggunakan kakinya sebagai rem.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

2. Menjadi kendaraan serba guna yang efisien

Chukudu Jadi Sepeda Paling Unik di KongoPembuatan Chukudu (LEY UWERA, GPJ DRC)

Meskipun Chukudu terlihat seperti sepeda mainan, nyatanya alat ini menjadi tulang punggung sistem transportasi lokal. Chukudu digunakan untuk membawa semua jenis kargo, seperti kayu bakar, arang, semen, hasil pertanian, dan lainnya. Beban yang diangkut akan seimbang di papan chukudu.  

Chukudu biasanya berukuran panjang sekitar enam setengah kaki dan dapat membawa beban sekitar 450 kg. Dibutuhkan satu hingga tiga hari untuk membuat chukudu. Chukudu besar dapat membawa hingga 800 kilogram sekaligus

3. Chukudu tak terpisahkan dari masyarakat Goma

Chukudu Jadi Sepeda Paling Unik di KongoChukudu (LEY UWERA, GPJ DRC)

Banyak orang bergantung pada chukudu untuk mengangkut kargo karena lebih murah dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Meskipun chukudu banyak membantu orang secara finansial, chukudu juga sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas di Goma.

Menyadari pentingnya kendaraan ini di tengah masyarakat, Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan menyelenggarakan lomba Chukkudu pada tahun 2006 silam. Pada tahun 2009, Presiden Kongo Joseph Kabila, menempatkan patung Chukudu di pusat kota Goma.

Patung emas ini menggambarkan seorang pria yang mendorong Chukudu dengan barang bawaan, sehingga melambangkan orang-orang Goma yang pekerja keras.

Baca Juga: Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya