Comscore Tracker

Step by Step Cara Mengerem Motor Matic

Agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain

Jakarta, IDN Times - Motor matik masih menjadi pilihan banyak orang karena mudah untuk digunakan. Kamu tidak perlu repot untuk mengganti gigi secara berkala.

Tapi, ternyata masih banyak pengguna motor matik belum mengetahui cara mengerem yang tepat. Ini tidak bisa sembarangan, loh. Butuh trik tersendiri agar tidak terlambat atau terlalu cepat dalam mengerem. Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Skuter Matik Gak Cocok Dibawa Mudik

1. Letakkan dua jari di tuas rem

Step by Step Cara Mengerem Motor Maticfoto

Pertama, kamu perlu meletakkan dua jari di tuas rem. Ini dilakukan pada kedua rem yang terpasang di bagian kiri dan kanan. Kemudian, posisi tangan tetap berada pada tuas rem.

Hal ini bertujuan agar pengemudi sigap dengan kondisi jalanan. Misalnya, saat sedang melaju, ada orang yang menyeberang jalan. Mau tidak mau, pengemudi harus menekan kedua tuas rem tersebut.

2. Gunakan kedua rem secara perlahan

Step by Step Cara Mengerem Motor Maticotozones.blogspot.co.id

Agar lebih aman, jangan gunakan satu pengereman saja. Kamu bisa pakai kedua rem yang tersedia, baik depan atau belakang. Pertama, tekan tuas rem belakang secara perlahan, kemudian yang depan.

Jangan menekan penuh tuas rem depan, karena kekuatannya lebih besar ketimbang belakang. Hal ini berbahaya, karena bisa membuat pengemudi terjatuh dari motornya.

3. Posisikan motor dalam keadaan lurus

Step by Step Cara Mengerem Motor Maticinstagram.com/denidiana388

Ada banyak penyebab motor tergelincir di jalanan. Salah satunya adalah posisi motor saat pengemudi melakukan pengereman.

Saat ingin mengerem, posisikan motor dalam keadaan lurus. Jika motor berada dalam kondisi menikung, maka bisa tergelincir. 

Baca Juga: Trik Menyetir Motor Matik Saat Melewati Turunan

Topic:

  • Satria Permana
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya