Comscore Tracker

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak Hilang

Jangan sampai kemalingan gara-gara lupa kunci stang

Jakarta, IDN Times - Kendaraan roda dua, seperti motor, cukup rawan dibobol pencuri. Ini karena sistem keamanan motor cenderung lebih rendah dibanding mobil. Meski sudah dikunci stang, potensi motor hilang tetap bisa terjadi.

Biasanya pencuri akan menggunakan kunci T untuk merusak secure key shutter. Dalam hitungan detik saja, motor bisa langsung amblas. Satu cara terbaik untuk menekan tingkat kemalingan adalah mengetahui cara kunci stang motor yang tepat. 

Cara mengoptimalkan fungsi kunci stang

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak Hilangilustrasi kunci stang (copiadellaves.com)

Praktik penggunaan kunci stang yang kurang tepat bisa mengurangi tingkat keamanan motor. Namun, terdapat cara pengoptimalaan fungsi kunci stang agar sulit dibobol maling, ini tipsnya.

1. Kunci stang motor ke arah kanan

Upaya pencegahan kemalingan motor dapat dilakukan dengan mengarahkan stang ke arah kanan. Cara ini dipercaya cukup efektif. Sebab, pembobolan motor menggunakan  kunci T justru akan membentur bagian speedometer motor.

2. Gunakan kunci pengaman ganda

Selain kunci stang, kamu bisa menggunakan kunci pengaman ganda sebagai cara simpel untuk meningkatkan keamanan motor. Produk ini pun cukup mudah ditemukan di pasaran dengan banyak tipe. Jadi, tinggal disesuaikan dengan seleramu, ya. 

Baca Juga: Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Stang Jepit Motor

Jenis kunci pengaman ganda motor

Seperti yang sudah disebutkan, terdapat beberapa jenis kunci pengaman ganda. Nah, bila masih bingung mau pilih yang mana, perhatikan rekomendasi berikut.

1. Kunci stang eletrik

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak HilangIlustrasi Memegang Stang Motor (100kpj.com)

Satu jenis kunci stang terbaik adalah elektrik. Nantinya, motor gak akan bisa menyala, tanpa adanya kunci ini. Untuk cara pasangnya, kamu perlu menghubungkan kunci stang elektrik ke bagian aki agar tersambung ke listrik.

Setelah kunci stang dipasang, akan ada tombol on atau off di bagian tersembunyi. Usahakan hanya kamu yang mengetahui keberadaannya, ya. Walaupun motormu dibobol, tapi maling harus berusaha keras mencari tombol tersebut untuk menghidupkan motor 

2. Kunci cakram rem

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak Hilangilustrasi kunci rem cakram (autoquarterly.com)

Umumnya, motor keluaran baru sudah dilengkapi rem cakram atau disc lock. Ini berfungsi memberikan pengereman aman dan presisi. Selain itu, rem cakram juga bisa menekan tingkat pencurian dengan menambah kunci pengaman rem cakram.

Bentuk kunci rem cakram berupa gembok besi yang bisa dimasukkan ke lubang cakram. Bila sudah digembok, otomatis motor akan sulit dijalankan. So, maling pun akan susah jika hendak membobol motormu. FYI, gembok besi terbuat dari baja yang sulit dirusak.

3. Kunci tuas rem

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak HilangKunci pengaman di tuas rem (ubuy.co.in)

Rekomendasi lain adalah memasang kunci pengaman pada tuas rem. Langkah ini baik dilakukan, meski ada pendapat yang mengatakan bahwa aktivitas ini bisa membuat minyak rem bocor. Bahkan, membuat minyak rem mengalir ke cakram atau tromol.

Padahal asumsi tersebut tidaklah benar. Sebab, saat tuas rem ditekan tanpa ada gerakan roda, minyak rem gak akan mengalir. Langkah ini pun justru membuat motormu lebih aman karena roda gak bisa bergerak.

4. Gunakan kunci ban

Cara Kunci Stang Motor dan Jenisnya, Motor Gak Hilangilustrasi gembok (techtimes.com)

Mengunci ban motor juga bisa dilakukan sebagai upaya menjaga keamanan motor. Biasanya, bentuk kunci ban berupa rantai besi panjang yang dihubungkan dengan gembok besar. Nah, supaya lebih aman, kamu dapat melilitkannya ke tiang parkir atau cakram rem.

Namun kamu tetap perlu berhati-hati. Sebab, pemasangan kunci ban berpotensi meggores bodi motor, lho.

Nah, itulah info seputar cara kunci stang motor untuk meningkatkan keamanan. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati, apalagi saat hendak memarkirkan motor. Temukan pula tips seputar otomotif di IDN Times yang akan bermanfaat buatmu.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan Bentuknya

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya