Comscore Tracker

4 Penyebab Spul Motor Mengalami Kerusakan

Ini dia penyebab spul motor rusak!

Jakarta, IDN Times - Kehadiran spul sangat mempengaruhi sistem kelistrikan pada motor. Komponen yang membutuhkan tenaga listrik seperti klakson, lampu, dan starter gak akan bisa menyala tanpa adanya spul. Hal ini tentu menunjukkan bahwa peran spul memang sangat penting.

Maka jangan dibiarkan rusak begitu saja, supaya gak mengganggu sistem kelistrikan. Namun masih banyak pengguna sepeda motor yang menyepelekan kesehatan spul. So, apa saja sih yang penyebab kerusakan pada spul motor?

1. Terlalu sering menggunakan kendaraan

4 Penyebab Spul Motor Mengalami Kerusakanwahanahonda.com

Memaksa motor untuk bekerja secara terus menerus, ternyata mampu memperpendek usia spul motor, lho. Apalagi, motor keluaran terbaru saat ini lebih banyak membutuhkan tenaga listrik. Lantas, kenapa sih hal tersebut dapat terjadi?

Pada dasarnya, spul berfungsi untuk menghasilkan sumber listrik. Komponen ini bekerja dengan cara berputar-putar. So, semakin sering spul berputar, maka semakin cepat pula spul mengalami panas dan aus. Maka itu, sudah pasti komponen ini bakal jebol kalau kamu terlalu sering menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Charger Aki Portabel

2. Menggunakan listrik secara berlebihan

4 Penyebab Spul Motor Mengalami Kerusakangoogle photo

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sepeda motor yang menambah beberapa elemen listrik pada kendaraannya. Contohnya seperti menambah lampu tambahan atau memasang charger di motor. Tentu hal ini membuat spul bekerja lebih keras lagi. 

Kalau dipaksa, spul bisa menjadi panas, gosong, dan mengalami kerusakan. Maka itu kamu disarankan untuk menambah kemampuan spul motor. Hal tersebut dapat kamu lakukan, apabila memang ingin menggunakan listrik lebih banyak lagi pada kendaraan.

Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara memberi tambahan gulungan, menukar kiprok, dan melakukan pengisian tenaga listrik pada spul menjadi lebih besar lagi.

3. Kekurangan oli

4 Penyebab Spul Motor Mengalami Kerusakanilustrasi mencampur minyak rem (iselinc.com)

Kerusakan spul motor juga dapat dipicu karena kekurangan oli. Hal ini bisa terjadi akibat spul motor tidak melalui perawatan secara teratur. Padahal, kita semua tahu bahwa komponen ini harus dijaga baik-baik biar gak cepat aus atau kering. Salah satu upayanya yaitu dengan cara memberi oli secara berkala, ya guys.

Oli ini bukan sekadar menjadi pelumas saja, melainkan juga sebagai pendingin spul. Sehingga, spul gak bakal terbakar meskipun terus berputar. So, yang terpenting adalah jangan sampai spul dalam kondisi kering, supaya komponen ini gak cepat rusak.

4. Spul kotor

4 Penyebab Spul Motor Mengalami KerusakanSpul motor (moladin.com)

Menggunakan motor setiap hari, tentu bisa membuat spul menjadi lebih kotor. Kotoran tersebut biasanya datang dari debu atau percikan air yang kamu temui di jalanam. Kalau kamu membiarkan spul kotor, maka kotoran akan menggumpal dan mampu menciptakan karat, lho.

Apabila spul motor berkarat, tentu komponen tersebut gak akan bisa berputar dengan mulus. Sehingga, spul gak bisa menghasilkan energi listrik dengan optimal.

FYI, kamu harus lebih berhati-hati jika ingin membersihkannya menggunakan air. Sebab air dapat menyebabkan konrleting pada komponen ini.

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya