Comscore Tracker

Laris Manis di Pasaran, Honda PCX Ternyata Banyak Keluhannya

Apakah benar motor sekelas Honda PCX sering dikeluhkan?

Jakarta, IDN Times - Belakangan ini, beredar kabar di sejumlah platform media sosial, terkait PT Astra Honda Motor (AHM) yang melakukan penarikan kembali atau recall, terhadap sejumlah skutik PCX 160 dan ADV 160. Hal ini disebabkan ada komponen di CVT yang harus diperiksa dan diganti, yakni Pulley Assy Driven.

Tapi, rupanya kejadian ini bukan pertama kalinya, khususnya untuk Honda PCX lokal. Bahkan penggunanya sempat membuat petisi untuk AHM agar melakukan recall terhadap skutik bongsor ini pada 2019 silam. 

Tentu hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa keluhan serupa yang dialami sesama pengguna Honda PCX lokal dalam petisi tersebut. Berikut beberapa di keluhannya.

1. Gredek hingga kurang bertenaga

Laris Manis di Pasaran, Honda PCX Ternyata Banyak KeluhannyaIlustrasi Honda PCX (www.astra-honda.com)

Masalah gredek menjadi salah satu keluhan yang paling banyak menghampiri PCX. Ketika sedang pertama kali menggebernya, sering kali bunyi gredek muncul. Pun, ketika berakselerasi muncul masalah serupa.

Ketika suara gredek hilang, ada kekurangan lain yang muncul. Tarikannya kurang bertenaga. Gas terasa lebih berat dan suaranya kasar. Konsumsi bahan bakar juga lebih boros dari sebelumnya.

Baca Juga: Recall PCX 160 dan ADV 160, Ini Penjelasan AHM

2. Motor mendadak tidak bisa dinyalakan

Laris Manis di Pasaran, Honda PCX Ternyata Banyak KeluhannyaHonda PCX 160 Edisi Spesial (aripitstop.com)

Honda PCX saat ini sudah menggunakan teknologi keyless, sehingga gak perlu lagi anak kunci untuk menghidupkan atau mematikan mesin. Tapi, justru hal ini cukup sering dikeluhkan pengguna Honda PCX.

Sebab, banyak pengguna mengeluhkan motor gak bisa menyala, meski sudah memutar kenop ke posisi on. Kemungkinan besar masalah tersebut terjadi karena sinyal keyless PCX terganggu oleh frekuensi yang lebih besar. 

Apabila kamu mengalami hal ini, coba memindahkan motor 10 meter dari posisi semula. Kemudian coba aktifkan lagi motornya.

3. Terdapat beberapa masalah lainnya

Laris Manis di Pasaran, Honda PCX Ternyata Banyak KeluhannyaHonda PCX 150 (Dok. IDN Times/Istimewa)

Gak cuma kedua hal tersebut saja, ada pula rentetan masalah lain yang dialami berbagai tipe Honda PCX. Tidak jarang pengguna PCX sudah mengklaim asuransi CVT, namun beberapa komponennya belum tersedia di wahana dalam jangka waktu cukup lama.

Persoalan lainnya juga bisa terjadi, mulai dari shockbreaker belakang bengkok, sampai dengan komponen bodi bergetar kuat.

Baca Juga: Honda PCX 160 dan ADV 160 Jadi Primadona di GIIAS 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya