Comscore Tracker

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian Ini

Gak cukup ganti knalpot

Jakarta, IDN Times - Bukan semata isapan jempol kalau Yamaha RX King sering disebut-sebut sebagai motor paling legendaris di tanah air. Sebab, meski gempuran skuter matik kian menggila, RX King tetap diminati banyak biker. 

Desain simpel, mesin bertenaga, serta harga jual yang semakin tinggi menjadikan RX King benar--benar jadi incaran. Selain itu mesin RX King sangat gampang dioprek untuk mendongkrak performanya. Gak mengherankan jika harganya kini 'digoreng'. 

Nah, berikut beberapa oprekan yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak performa RX King.

1. Knalpot racing

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian IniIlustrasi knalpot racing Yamaha RX-King (shopee.co.id)

Salah satu modifikasi termudah agar performa RX-King selalu meningkat adalah mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing. Knalpot ini mampu membuat tampilan tunggangan menjadi lebih sporty karena memang letaknya di kolong.

Kehadiran knalpot racing juga menciptakan suara menggelegar ketika mengaspal di jalan. Gak kalah menariknya, knalpot ini juga menganut sistem free flow.

Sehingga, buangan gas lebih leluasa dan otomatis tarikan jadi lebih enteng. Tentu hal ini membuat kamu bergairah untuk ngebut di aspal jalanan.

Baca Juga: Yamaha RX King, Legenda Motor Laki di Jalanan Indonesia

2. Pilot Jet dan Main Jet

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian IniIlustrasi pilot jet dan main jet RX-King (shopee.co.id)

Dalam memodifikasi knalpot tersebut, kamu juga harus melakukan penyesuaian supaya proses pembakaran berjalan harmonis. Maka itu kamu perlu mengganti komponen karburator. 

Sebab asupan bahan bakar perlu diatur dengan cara mengganti Pilot Jet dan Main Jet, satu step dari yang orisinal Yamaha RX-King. Kamu bisa melakukan hal ini sendirian di rumah, atau bawa ke bengkel agar ditangani teknisi terpercaya.

3. Reed valve milik Yamaha RX-Z

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian IniIlustrasi reed valve RX-Z (tokopedia.co.id)

Komponen selanjutnya yang perlu diganti guna mempercantik performa RX-King adalah reed valve. Komponen ini berperan sebagai pintu masuk bahan bakar dan udara yang telah dicampur di karburator menuju ruang bakar.Kamu bisa menggunakan reed valve milik Yamaha RX-Z di motor RX-King punyamu. 

Sebab reed valve memiliki ukuran besar sehingga aliran bensin dan udara semakin banyak masuk ke ruang bakar. Di atas kertas reed valve RX-King punya lebar lubang masuk membran 15 mm dan panjang 20 mm. Sementara reed valve RX-Z lebarnya 18,5 mm dan panjang 24,5 mm.

4. Pelek berbahan aluminium

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian IniIlustrasi modifikasi pelek RX-King (setia1heri.com)

Motor RX-King sangat cocok dibawa trek-trekan di jalanan, sehingga butuh pelek versi aftermarket berbahan aluminium. Cara ini mampu membuat motor jadi lebih enteng dibanding menggunakan pelek standar.

Merek pelek aluminium sangat bervariasi Mai TK racing, Vrossi, hingga TDR. Kamu bebas memilih yang mana saja, semuanya mampu membuat tampilan motor jadi lebih ganteng. Sebab tersedia dalam berbagai pilihan warna serta desain.

5. Shockbreaker tabung

Mau Dongkrak Performa Yamaha RX King? Cek Bagian-bagian IniIlustrasi modifikasi shockbreaker RX-King (otospirit.com)

Yamaha RX-King juga disarankan menggunakan shockbreaker tabung untuk suspensi bagian depan dan belakangnya. Hal ini membuat motor tampil gagah dan sporty, sekaligus mampu meningkatkan kualitas bantingan motor. 

So, motor menjadi lebih lincah dalam bermanuver, mampu melaju cepat, dan stabil saat dikendalikan. Namun jangan memilih shockbreaker yang kaleng-kaleng alias murahan. Pastikan kamu membelinya dengan merek populer dan kualitasnya terjamin.

Baca Juga: Mau Beli Motor Baru? Berikut Tips Memilih Dealer Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya