Comscore Tracker

Motor Listrik Produksi Lokal Melantai di GIIAS 2022

Keren-keren lho!

Jakarta, IDN Times - Industri otomotif roda dua di Indonesia sudah mulai menunjukkan kekuatannya dalam melahirkan produk yang ramah lingkungan. Hal ini terbukti dari melantainya beberapa produsen motor listrik lokal di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Pameran otomotif bertaraf internasional ini digelar pada 11-21 Agustus 2022. Apa saja motor listrik yang tampil di sana? Yuk, intip berikut ini!

1. Selis

Motor Listrik Produksi Lokal Melantai di GIIAS 2022Ilustrasi produk kendaraan listrik selis (selis.co.id)

Selis merupakan salah satu brand lokal kendaraan listrik yang berpartisipasi di GIIAS 2022. Brand di bawah naungan PT Gaya Abadi Sempurna ini memproduksi berbagai kendaraan listrik di Indonesia sejak tahun 2011. Mulai dari sepeda, motor, hingga kendaraan roda tiga.

"Kami produksi secara lokal untuk semua varian kami," ungkap Head of Project Division Selis, Reagan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat (12/8/2022) dilansir dari ANTARA.

FYI, ternyata Selis adalah kependekan dari Sepeda Listrik. Brand ini meluncurkan baru saja kendaraan roda tiga yang dinamakan Varian Bromo di ajang GIIAS 2022, Jumat (12/8/2022). Varian Bromo dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) di dalamnya dan juga panel surya di atapnya, berbeda dari kendaraan roda tiga Selis yang sebelumnya.

Sedangkan untuk daya listriknya, Varian Bromo memakai baterai lithium, 60v 100Ah dengan pengisian baterai maksimal 6 jam. Kendaraan elektrik ini juga sanggup menjelajah hingga 100km dengan kecepatan 40km/jam. Harganya ditawarkan sebesar Rp60 juta per unitnya.

2. PT MForce Indonesia

Motor Listrik Produksi Lokal Melantai di GIIAS 2022Ilustrasi motor E-Classic jebolan MForce Indonesia (amp.techz.vn)

PT MForce Indonesia memang sudah dikenal sebagai payung dari multi brand otomotif di Indonesia. Perusahaan ini sudah memiliki pabrik di Indonesia untuk merakit berbagai kendaraan konvensional maupun elektrik mereka di Indonesia.

Pameran GIIAS 2022 menjadi kesempatan PT MForce untuk meluncurkan dua motor listriknya, yang dirakit secara lokal yakni E-Classic dan Nuetron. Kabarnya kedua motor ini mampu ditunggangi hingga 120 km dengan kecepatan mencapai 60km/jam.

Kini MForce Indonesia sudah memiliki 29 outlet yang tersebar di Indonesia. Sebab saat ini masyarakat Indonesia tengah gencar mencari kendaraan listrik, sehingga perusahaan ini terus menyediakan outlet di berbagai daerah untuk memasarkan produknya.

3. IMG

Motor Listrik Produksi Lokal Melantai di GIIAS 2022Alva One punya banyak keunggulan (IDN Times/Fadhliansyah)

Tidak ingin kalah bersaing, PT Ilectra Motor Group (IMG) juga menghadirkan terobosan barunya yaitu motor listrik varian Alva One. Motor ini melakukan peluncurannya di panggung GIIAS 2022, dengan harapan dapat merebut pasar Indonesia dan meningkat perekonomian Tanah Air.

IMG melengkapi Alva One dengan tiga mode berkendara seperti Eco, Cruise dan e-Sport. Bahkan, motor ini juga dibekali torsi sebesar 46,5 Nm dengan kecepatan tertinggi 70km/jam. Meski Alva One mempunyai desain yang hampir serupa dengan motor konvensional dengan badan gambotnya. Namun, motor ini dihiasi lampu LED pada bagian depan dan belakang supaya tampil lebih stylish.

Di bagian pinggir motornya dilengkapi air intake guna menunjukkan kesan elektrik. Tentu kesan ini bakal membuat motor tampak lebih canggih. Kerennya,motor ini sudah dibekali fitur yang kekinian, seperti menyalakan dan mematikan motor cukup dari satu genggaman atau cukup dengan smartphone pemilik.

4. Pacific

Motor Listrik Produksi Lokal Melantai di GIIAS 2022Ilustrasi motor listrik di booth Pacific 2022 (motorexpertz)

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan brand sepeda yang merajai jalanan di Indonesia yakni Pacific. Brand ini juga ikut mejeng di GIIAS 2022 dengan memajang berbagai kendaraan elektrik pabrikannya.

Salah satu yang dipajang adalah skuter Pacific Sterrato Electric Motor yang berdesain unik layaknya kendaraan listrik.

Skuter elektrik tersebut memiliki kapasitas baterai 60v 20.2 AH dengan daya angkut mencapai 150 kg. Skuter ini dibekali fitur alarm alert, lock motor, find vehicle dan juga start safety system untuk melengkapi kecanggihannya. Wah, sangat menarik bukan?

Baca Juga: Suzuki Kasih Promo Menarik di GIIAS 2022, Cashback Sampai Rp5 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya