Comscore Tracker

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan Bertenaga

Performanya mantap, jenisnya pun cukup beragam

Jakarta, IDN Times - Banyak anggapan kalau motor yang berkualitas tentu memiliki harga yang mahal. Walau anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, namun masih banyak juga motor-motor yang menawarkan performa dan kualitas yang baik dengan harga yang cukup memuaskan.

Kalau kamu mengantongi budget di bawah Rp30 juta, saat ini ada banyak motor baru di bawah 30 juta dari berbagai jenis motor dan brand dengan kualitas dan performa yang mantap, serta mampu diandalkan untuk melaju di jalanan.

Agar kamu makin yakin untuk memantapkan pilihannya, berikut daftar motor baru harga di bawah Rp30 juta yang IDN Times rangkum selengkapnya di bawah ini.

1. Honda Vario 160

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Honda Vario 160 (https://www.astra-honda.com/)

Motor baru harga di bawah 30 juta yang pertama datang dari Honda Vario, skuter matik jagoan dari Honda. Performanya yang baik, konsumsi bahan bakar yang irit, serta desain yang sporty menjadi keunggulan varian motor Honda ini.

Menyematkan mesin berkapasitas 156,9 cc, 4 katup eSP+, berpendingin cairan, membuat Honda Vario 160 mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Honda mengklaim konsumsi bahan bakar Vario 160 cukup irit hingga mencapai 46,9 km/liter.

Untuk keselamatan, Honda Vario juga dibekali fitur Antilock Braking System (ABS). Dan untuk fitur pendukungnya, terdapat port charging USB charger type A, untuk mengisi daya jika ponsel pengendaranya kehabisan daya saat di jalan. Untuk harga OTR, Honda Vario 160 dibanderol mulai dari Rp25,8 juta.

Baca Juga: Honda Vario 160 Rilis Duluan, Kapan Vario 125 Facelift Nyusul?

2. Yamaha FreeGo

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Yamaha FreeGo (https://www.yamaha-motor.co.id/)

Mengusung jargon The Amazing Matic, membuat Yamaha FreeGo masuk ke daftar motor baru harga di bawah 30 juta yang layak untuk dipertimbangkan. Performa yang apik, konsumsi bahan bakar yang irit, serta nyaman saat digunakan menjadi keunggulannya.

Yamaha FreeGo dibekali mesin Blue Core berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, berpendingin udara, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 9,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Dengan adanya mesin Blue Core dan SMG, menjadikan Yamaha FreeGo mengeluarkan suara yang halus saat dinyalakan.

Penerapan teknologi Stop & Start System pada motor ini pun membuat konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, yakni hingga mencapai 43,2 km/liter. Dengan harga OTR mulai dari Rp. 19,28 juta, kamu sudah bisa mendapatkan motor Yamaha FreeGo, lho.

3. Honda Scoopy

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Honda Scoopy (https://www.astra-honda.com/)

Honda Scoopy memiliki tempat di hati para penggemarnya, khususnya para anak muda. Desainnya yang cantik dengan kesan retro yang kuat, membuat Honda Scoopy begitu menawan saat melaju di jalanan. Performanya pun sangat nyaman untuk digunakan sebagai motor harian.

Dibekali mesin eSP, over stroke, 4-tak, SOHC 2 katup dengan pengabut injeksi PGM FI, berkapasitas 110 cc. Mesin Honda Scoopy mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 9 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Untuk konsumsi bahan bakarnya tembus hingga 59 km/liter.

Motor baru harga di bawah Rp30 juta ini dibanderol dengan harga OTR mulai dari Rp21 jutaan.

4. Yamaha Fazzio

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Yamaha Fazzio (Dok. PT YIMM)

Seakan tak ingin kalah dengan yang lain, Yamaha pun turut terjun ke dalam persaingan skutik retro matic, dengan menawarkan Yamaha Fazzio. Desainnya memancarkan kesan retro yang cukup kuat, dengan berbagai pilihan warna yang memikat mata, tak heran bahwa motor ini begitu dinantikan saat perilisannya.

Dengan menyematkan mesin berkapasitas 124,86 cc, 1-silinder, SOHC, berpendingin udara pada Yamaha Fazzio, mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Konsumsi bahan bakar pada Yamaha Fazzio cukup irit berkat teknologi Blue Core Hybrid yang mengandalkan dua sumber tenaga, yakni mesin dan Electric Power Assist Start. Teknologi Communication Control Unit dan Smart Key System juga semakin menambah kecanggihan pada motor baru harga di bawah 30 juta ini.

Untuk harga OTR, Yamaha Fazzio dibanderol mulai dari Rp21,89 juta. 

5. Honda CB150 Verza

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaHonda New CB150 Verza (Dok. IDN Times)

Jika kamu penggemar motor besar dengan desain maskulin nan sporty, motor baru harga di bawah 30 juta dari Honda ini bisa menjadi alternatif pilihan. Desain yang macho dengan bodi yang besar, membuat Honda CB150 Verza terlihat tangguh saat dikendarakan.

Motor manual ini dibekali mesin 1-silinder, 4-tak, SOHC, berkapasitas 150 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 13,04 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga mencapai 12,73 Nm pada 6.000 rpm. Teknologi Injeksi yang dibenamkan pada motor ini membuatnya cukup irit untuk penggunaan bahan bakarnya, hingga mencapai 46,3 km/liter.

Harga OTR Honda CB150 Verza dibanderol mulai dari Rp20,5 juta.

6. Yamaha Byson FI

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Yamaha Byson FI (https://www.yamaha-motor.co.id/)

Rekomendasi motor baru di bawah Rp30 juta dengan bodi besar selanjutnya datang dari Yamaha, yakni Yamaha Byson FI. Performa menjanjikan, konsumsi bahan bakar yang irit, serta harga yang kompetitif menjadikan Yamaha Byson FI memiliki penggemar tersendiri di masyarakat.

Mesin motor naked bike dari Yamaha ini berkapasitas 149,3 cc, SOHC, satu silinder, 5 percepatan, 4 langkah dan memiliki sistem berpendingin udara, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 13,1 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 12,98 Nm pada 6.000 rpm. Yamaha Byson FI juga diklaim lebih eco-friendly dengan konsumsi BB yang cukup irit hingga 47 km/liter.

Harga OTR Yamaha Byson FI sendiri berkisar mulai dari Rp22,95 juta.

7. Honda CB150R Streetfire

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Honda CB150R Streetfire (https://www.astra-honda.com/)

Satu lagi dari Honda untuk motor baru harga di bawah 30 juta dengan jenis naked bike, yakni Honda CB150R Streetfire. Dimensinya yang besar menjadikan motor ini begitu gagah saat dijalankan di jalanan.

Dibekali mesin 4-tak, DOHC, 4 katup, berpendingin cairan, dengan kapasitas 149,16 cc, menjadikan Honda CB150R Streetfire mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 dk pada 9.000 rpm dan torsi maksimum hingga 13,7 Nm pada 7.000 rpm. Untuk konsumsi bahan bakar, Honda CB150R Streetfire mampu mencatat hingga 40,5 km/liter.

Untuk harga OTR, Honda CB150R Streetfire dibanderol mulai dari Rp27,72 juta.

8. Yamaha NMAX 155

8 Motor Baru di Bawah 30 Juta, Nyaman dan BertenagaIlustrasi Yamaha NMAX (Dok. YIMM)

Kalau berbicara tentang skutik (skuter matic) dengan bodi besar, tentu kita akan teringat pada Yamaha Nmax. Walaupun dimensinya cukup besar, namun penggunaan suspensi sub tank pada motor ini membuatnya menjadi lebih nyaman saat digunakan.

Mesin yang disematkan pada Yamaha Nmax 155 ini menggunakan mesin 1-silinder, SOHC, 4-tak, berkapasitas 155 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Teknologi rem ABS dan Smart Key System juga turut disematkan untuk menambah fitur keamanan dan kecanggihan pada motor ini.

Harga OTR Yamaha Nmax 155 berkisar mulai dari Rp28,94 juta.

Itulah 8 motor baru harga di bawah Rp30 juta yang IDN Times rangkum jika kamu tertarik untuk membeli motor dengan budget under Rp30 juta. Untuk budget segini ternyata kamu bisa mendapatkan berbagai jenis motor mulai dari matic hingga jenis naked bike.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: Deretan Motor 3 Roda, Selincah Motor Biasa!  

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya