Comscore Tracker

Yuk, Kenali Lebih Dekat Komponen Karburator Motor

Tersusun dari berbagai komponen yang bersinergi.

Jakarta, IDN Times - Meski saat ini banyak motor yang sudah berpengabut injeksi, tentu kamu ingat bahwa dahulu banyak motor yang menggunakan sistem pengabutan karburator. Karburator ini bekerja dengan mencampurkan udara dengan bahan bakar pada perbandingan tertentu, untuk selanjutnya dialirkan ke dalam silinder sesuai dengan kebutuhan mesinnya.

Karburator ini tersusun dalam berbagai komponen untuk menunjang kinerjanya. Agar lebih paham, berikut adalah komponen karburator motor serta fungsi-fungsinya. Yuk, disimak!

1. Jarum Pelampung

Komponen ini merupakan sebuah jarum dengan bentuk yang lancip layaknya katup yang menutup sebuah lubang. Lubang yang ditekan ini adalah lubang penyalur bensin, yang saat lubang ini ditekan oleh katup akan menutup suplai bensin secara otomatis.

Jarum pelampung ini berguna untuk mengatur volume pada ruang pelampung agar tak berlebihan, sehingga campuran yang keluar dan menuju pada intake manifold dapat beroperasi dengan normal.

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

2. Pelampung

Sesuai dengan namanya, komponen ini akan mengambang pada zat cair, yakni bensin. Terbuat dari plastik ringan, pelampung berfungsi untuk menggerakan ujung jarum pelampung agar tertutup.

Cara kerjanya adalah ketika volume bensin di ruang pelampung meningkat, pelampung juga akan semakin naik. Naiknya pelampung ini akan menggerakan jarum pelampung untuk selanjutnya menutup aliran bensin. Sehingga, hal ini akan menghentikan suplai bensin hingga bensin di ruang pelampung berkurang.

3. Main Jet

Bagian main jet ini adalah saluran utama di dalam karburator motor yang berfungsi untuk menghubungkan bensin di dalam ruang pelampung ke dalam venturi di tengah saluran udara ke intake manifold.

Baca Juga: Biar Tetap Aman, Ini Komponen Perawatan Motor setelah Perjalanan Jauh 

4. Needle Jet

Bentuk dari needle jet ini adalah jarum yang tirus serta ujungnya lancip, berguna untuk mengatur volume bensin yang keluar dari main jet. Digerakkan oleh sebuah skep atau katup gas, yang mana gerakan naik turun dari skep akan menggerakan needle jet untuk naik turun. Gerakan naik turun needle jet ini akan mempengaruhi besar kecilnya ujung saluran main jet.

5. Skep atau Katup Gas

Skep ini berbentuk seperti tabung yang bergerak naik turun. Gerakan naik dan turun ini akan membuat diameter venturi menjadi bervariasi. Ketika posisi skep di bawah, aliran udara pun akan terhambat sehingga RPM mesin menjadi rendah. Ketika skep posisinya dinaikkan, saluran udara akan membesar dan RPM mesin pun semakin naik.

6. Pegas Katup Gas

Komponen pegas terletak pada bagian atas karburator, tepat di bagian tutup pengatur katup gas. Fungsinya adalah untuk menjaga katup agar tetap tertutup saat sedang tidak menarik pedal gas dan mengembalikan posisi katup saat melakukan deselerasi.

7. Pilot Jet

Pilot jet adalah sebuah saluran yang menghubungkan bensin ke bagian ruang pelampung dengan ruang setelah katup gas, dan sebelum intake manifold. Fungsi komponen ini adalah untuk mengalirkan bensin saat mesin bekerja pada idle RPM.

8. Air Pilot

Air pilot merupakan bagian saluran yang memanjang dari ruang sebelum katup gas menuju ruang setelah katup gas, berfungsi menyuplai udara ketika katup gas tertutup rapat. Output dari komponen ini akan menyatu dengan saluran pilot jet, sehingga saat ada aliran udara yang lewati air jet maka bensin akan tercampur di saluran ini. Material yang keluar dari saluran pilot jet setelah katup kemudian berbentuk campuran bahan bakar.

9. Choke Valve

Yuk, Kenali Lebih Dekat Komponen Karburator MotorIlustrasi choke valve (youtube.com/Sekolah Online teknik Otomotif)

Choke valve berfungsi untuk memperkecil volume udara yang masuk ke mesin agar isapan mesin mengangkat bahan bakar. Sistem ini beroperasi dengan menutup saluran udara yang mengarah ke karburator menggunakan katup.

10. Mangkuk karburator

Yuk, Kenali Lebih Dekat Komponen Karburator MotorIlustrasi mangkuk karburator (youtube.com/Dudik Sendaljepit)

Komponen ini berfungsi untuk menampung bensin yang akan disalurkan ke venturi. Mangkuk karburator juga berguna untuk menjadi penutup komponen karbu seperti bagian pelampung dan main jet. Komponen mangkuk karburator difungsikan untuk dapat menampung bensin tanpa bocor dengan tekanan yang stabil.

11. Sekrup penyetel

Bagian sekrup penyetel ini terdapat dua buah, yakni sekrup pengatur udara pilot jet dan sekrup gas. Sekrup pengatur udara pilot jet berfungsi untuk menentukan jumlah udara yang masuk saat idle tanpa menggunakan sistem choke. Sedangkan sekrup gas berfungsi untuk mengatur idle RPM mesin.

Inilah 11 komponen karburator motor yang saling bersinergi dalam menjalan kinerja karburator. Ternyata dalam sebuah komponen pada motor bisa berisi komponen-komponen lain yang jumlahnya cukup banyak.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya