Comscore Tracker

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaan

Jangan sampai membahayakan diri apalagi orang lain!

Ketika kamu sedang berkendara baik menggunakan motor ataupun mobil, keselamatan adalah yang paling utama. Salah satu caranya yaitu dengan mematuhi segala rambu-rambu lalulintas yang terpasang di jalan.

Terkadang kecelakaan bukan hanya dikarenakan oleh melanggar rambu-rambu lalulintas, ada beberapa hal lain yang menjadi faktor terjadinya kecelakaan. Berikut adalah lima kelalaian fatal pengendara motor yang menyebabkan kecelakaan, jangan dicontoh ya!

1. Rem mendadak dan berhenti sembarangan

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaanpixabay.com/harpenz

Rem mendadak dan berhenti sembarangan berakibat fatal kepada semua pengendara khususnya yang dibelakang kamu. Banyak terjadi kecelakaan beruntun diakibatkan oleh pengendara di depan yang mengerem mendadak dan berhenti sembarangan.

Cara mengerem dan berhenti yang baik harusnya pelan-pelan, cek juga pengendara yang ada dibelakang menggunakan kaca spion, jika memang kosong kamu boleh rem mendadak tapi jangan berhenti sembarangan.

2. Lupa mematikan lampu sen

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaanmotorcycle.com

Lupa mematikan lampu sen masih sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia, bukan hanya lupa mematikan bahkan sampai lupa fungsinya. Banyak beredar ibu-ibu yang sen kanan tetapi belok kiri, ada dua kemungkinan yang pertama dia lupa mematikan atau tidak tau fungsinya. Hal seperti ini bisa membuat bingung pengendara yang di belakang.

Baca Juga: Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan Nitrogen

3. Menggunakan lampu tembak secara terus-menerus

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaanunsplash.com/duncan adler

Penggunaan lampu tembak atau jarak jauh sebenarnya boleh-boleh saja asalkan di jalan lurus yang sepi atau ditikungan tajam, fungsinya untuk memberi sinyal pengendara di depan. Akan berakibat fatal jika kamu menggunakan lampu tembak atau jarak jauh di keramaian apalagi di jalan licin, hal ini bisa membuat buta tidak bisa melihat jalan pengendara yang ada di depan. Jadi gunakan lampu tembak atau jarak jauh secukupnya.

4. Belok tanpa aba-aba, tidak menghidupkan lampu sen

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaanpexels.com/Bich Tran

Kecelakaan sepeda ini banyak terjadi dijalan raya, belok secara tergesa-gesa, tanpa aba-aba dan cuek dengan pengendara dibelakang bisa berakhir dengan kecelakaan. Jadi harus hati-hati dan cek pengendara dibelakang sebelum berbelok.

5. Ugal-ugalan

Berbahaya, 5 Kelalaian Fatal Pengendara Motor yang Bikin Kecelakaanthedrive.com

Ugal-ugalan memang sangat berbahaya, contoh yang paling sering terlihat dijalan adalah kebut-kebutan. Bukan lagi kecelakaan, ugal-ugalan bisa mengakibatkan kematian. Uang bisa dicari tetapi nyawa tidak bisa kembali, jadi kita harus hati-hati.

Itulah lima kelalaian fatal pengendara motor penyebab kecelakaan. Menjadi pengendara yang taat aturan bukan hanya untuk menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Baca Juga: Gak Perlu Bongkar Mesin, Ini 5 Cara Mudah Agar Motor Lebih Irit BBM

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya