Comscore Tracker

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal 

Sering dilakukan karena alasan jarak tempuh dekat

Jakarta, IDN Times – Sepeda motor memang jadi pilihan terbaik untuk menembus kemacetan ibu kota. Tak mengejutkan jika pengendara sepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sayangnya, banyak pengendara di negeri '+62’ ini sering melakukan hal-hal konyol ini yang mampu membahayakan keselamatan mereka. Nah, berikut perilaku konyol pengendara motor yang mungkin sering kamu temui di jalan raya.

1. Memakai jaket terbalik

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal ANTARA FOTO/Arnas Padda

Ini hal yang sering banget dilihat di jalan raya. Biasanya dilakukan oleh mereka yang jaketnya sudah tidak bisa dikancing. Maksud hati melindungi dada dari terpaan angin namun risikonya bisa fatal.

Sebab menggunakan jaket dengan posisi terbalik dapat membahayakan keselamatan pengendara. Mengapa? Karena jaket yang terbalik otomatis tidak akan terkancing, dan saat digunakan untuk berkendara akan menjuntai.

Bisa saja dengan segera jaket tersebut tersangkut pada bodi kendaraan lain dan akhirnya pengendara akan terseret. Duh, ngeri banget kan!

Baca Juga: 5 Aplikasi Ponsel untuk Pengendara Motor, Sangat Berguna!

2. Menggunakan sandal jepit

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal revzilla.com

Memang sih gak ada larangan menggunakan sandal jepit saat naik motor. Tapi kebiasaan ini bisa membahayakan, lho. Sebab sandal jepit itu nyaris tidak memiliki pelindung. Bayangkan jika kaki mu tergilas kendaraan lain atau ketika kaki mu membentur trotoar saat hanya menggunakan sandal jepit. So, masih mau memakai sandal jepit saat naik motor?

3. Menggunakan kacamata hitam saat malam

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal digitaltrends.com

Untuk kebiasaan satu ini mungkin agak jarang ditemui, namun beberapa kali ditemui pada orang yang menggunakan motor-motor klasik dan bermaksud ingin bergaya karena kombinasi motor klasik dengan kacamata hitam memang paling keren!

Sah-sah saja sebenarnya, namun perlu diketahui bahwa kacamata hitam diciptakan untuk melindungi mata dari sinar matahari, yang berarti untuk digunakan saat siang hari karena membuat pandangan agak sedikit gelap.

Terbayang, kan kalau menggunakannya saat malam hari, sudah gelap ditambah gelap, tentu jalanan semakin tak terlihat.

4. Melipat atau mencopot spion

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal xbhp.com

Pengendara motor sport biasanya suka melipat spion mereka ke dalam. Alasannya agar lebih aerodinamis dan tidak ribet saat harus selap selip di kemacetan. Namun mereka lupa jika jalanan bukan sirkuit. Banyak kendaraan lalu lalang dari belakang mereka. Karena itu dibutuhkan spion.

Lain anak motor sport, lain pula kelakuan anak-anak motor matik. Mereka kerap mencopot spion atau menggantinya dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Padahal risiko spion itu bisa kehilangan nyawa. Iya, seserius itu risikonya.

5. Menggunakan helm dengan cara yang salah, terkadang tak menggunakannya

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal hindustantimes.com

Ada banyak cara yang salah saat menggunakan helm, seperti tidak mengancingnya atau bahkan hanya menggunakannya setengah kepala, seperti yang biasa dilakukan oleh tukang ojek karena jarak tempuhnya dekat.

Dalam beberapa kesempatan, bahkan banyak yang masih malas menggunakan helm karena alasan panas.

Meski dekat, kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, sehinga lebih baik menggunakan helm dengan benar agar tidak terlepas saat pengendara bersenggolan dengan kendaraan atau objek lain di jalanan.

6. Berboncengan lebih dari dua orang

6 Kelakuan Konyol Pengendara Motor Ini Bisa Berakibat Fatal primer.com.ph

Hidup di negeri ini sepertinya sangat lumrah melihat sepeda motor yang dinaiki lebih dari dua orang. Mungkin kalau terdiri atas dua orang dewasa dan satu anak, masih dianggap wajar selama ketiganya menggunakan helm.

Sayangnya, banyak masyarakat yang berboncengan tiga orang bahkan lebih, namun semuanya diisi oleh orang dewasa. Sebaiknya jangan dilakukan karena selain berbahaya, akan segera ditindak oleh polisi!

Baca Juga: Sepeda Motor Tiba-tiba Meledak, 4 Hal Ini Bisa Jadi Pemicunya

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You