Comscore Tracker

Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   

Goresan pada kaca helm bisa menganggu visibilitas

Jakarta, IDN Times – Helm itu wajib banget kamu pakai saat mengendarai sepeda motor. Tujuannya untuk melindungi kepala dan wajah jika terjadi benturan. Karena itu perawatan helm wajib dilakukan secara rutin.

Nah, bagian paling rentan pada helm adalah visor atau kaca helm. Bagian ini sering kotor dan bahkan baret. Kalau sudah begitu, pandangan akan terganggu. Jika dibiarkan bisa membahayakan, loh.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kotoran dan baret pada kaca helm kamu.

1. Gunakan lap basah dan sabun

Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   yourmotorcycle.com

Untuk melakukan pembersihan secara rutin, kamu hanya memerlukan lap basah dan diberi sedikit sabun, setelah itu lap secara kaca helm perlahan dan kemudian bilas dengan air bersih.

Kemudian keringkan dengan cara dilap menggunakan kain microfiber karena kain tersebut memiliki bahan yang lebih halus dibanding kain biasa.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Helm Biar Awet Pakai, Catat Guys!

2. Gunakan cairan pembersih kaca

Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   bikebandit.com

Kamu juga bisa membersihkan visor menggunakan cairan pembersih kaca karena semakin jarang kamu membersihkan, semakin membandel pula noda yang menempel pada visor.

Caranya sama seperti kamu membersihkan kaca di rumah, yaitu semprot saja visornya dengan cairan khusus kemudian dilap menggunakan kain microfiber.

Ingat, lebih baik menggunakan kain microfiber yang lebih halus saat ingin mengeringkan.

3. Gunakan cairan pelapis khusus

Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   theridingobsession.com

Setelah membersihkan kaca helm, ada baiknya kamu menyemprotkan cairan pelapis atau coating ke visor helm. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada bercak air yang menempel pada visor bila kamu terguyur hujan. Ini juga mempermudah kamu dalam mengelap visor lho.

Nah, cairan ini mudah untuk didapatkan, kamu bisa membelinya di toko-toko helm, atau bisa juga secara online.

4. Manfaatkan tas helm atau letakkan dalam lemari

Tips Gampang Merawat Visor Helm, Biar Selalu Bening dan Jernih   pinterest.com

Biasanya setelah dipakai, helm akan diletakkan begitu saja di atas meja, kursi, atau bahkan digantung di spion motor. Kebiasaan inilah yang membuat kaca helm rentan terkena kotoran debu atau bahkan tergores.

Untuk mencegah debu dan goresan, kamu bisa memasukkan helm ke dalam tas helm. Biasanya tas helm ini didapat setelah kamu membeli helm dari toko-toko resmi. Atau saat kamu sudah tidak akan berpergian lagi, maka kamu bisa meletakkan helm kamu di dalam lemari.

Dengan begitu, helm kamu akan terhindar dari segala kotoran atau debu dan kacanya terhindar dari goresan.

Mudah kan untuk menjaga kaca helm agar bebas baret dan kotoran? Kunci utamanya adalah rajin untuk membersihkan. Mudah kok, daripada kamu bermalas-malasan malah nanti harus membeli visor baru.

Baca Juga: Pilihan Tas Helm Berdesain Kece, Harganya Mulai Rp50 Ribuan   

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya