Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!

Hindari stuck dengan terus menciptakan inovasi baru

Membayangkan bahwa dirimu sukses dengan membangun bisnis sendiri memang membanggakan, tapi menjalaninya itu yang tidak mudah. Kita tahu bahwa akan selalu ada pasang surut berbisnis, terkadang bisa untung besar dan ramai tapi ada saat sepi pelanggan dan merugi. 

Dengan kata lain, bisa bertahan menghadapi lika liku dunia bisnis saja sebenarnya sudah patut disyukuri karena saking sulit dan menguji mental. Tapi untuk kamu yang baru memulai bisnis, jangan takut karena kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk menghadapi pasang surut dalam berbisnis, jadi tinggal terapkan saja dengan konsisten! 

1. Pertahankan kualitas produk dan jasamu

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!ilustrasi bisnis (pexels.com/Kampus Production)

Tipsnya yang pertama untuk menghadapi pasang surut dalam berbisnis ialah dengan mempertahankan kualitas. Bahwa tak peduli apapun yang terjadi kualitas tetap harus jadi nomor satu, karena itulah yang menjadi nilai jual dari produk dan jasamu. 

Coba saja pikir dengan logika, jika binis sedang mengalami situasi surut seperti sepi pelanggan dan krisis penjualan, bukankah semakin parah jika kualitas apa yang kamu jual tidak dijaga? Karena orang yang membeli atau menggunakannya akan kecewa dan berakhir tidak mau berlangganan lagi. 

2. Intropeksi dan tingkatkan pelayanan pada pelanggan

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!ilustrasi pelayan (pexels.com/RODNAE Productions)

Menghadapi lika liku dalam dunia bisnis itu tidak mudah, harus kuat mental dan prinsip. Ketika bisnismu mungkin sedang tidak baik-baik saja, maka kamu tidak boleh pasrah begitu saja melainkan harus intropeksi apakah ada kekurangan. 

Entah mungkin kualitas produk yang kamu jual mengalami penurunan, kurang inovasi terhadap trend, atau bahkan yang lainnya. Lalu jika sudah tahu di mana letak kurangnya hanya tinggal tingkatkan saja, terutama dalam segi pelayanan karena semakin baik pelayanan maka semakin mudah mengambil hati pelanggan. 

3. Riset kebutuhan dan kepuasan pelanggan

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!ilustrasi pelayan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tips lainnya untuk menghadapi pasang surut dalam bisnis ialah rajin melakukan riset terhadap pelanggan. Bukan berarti kamu harus jadi stalker dan memperhatikan setiap pelanggan dengan sangat detail, ya. 

Namun cukup selidiki tentang kebutuhan dan kepuasan pelanggan terhadap bisnismu. Cobalah sesekali mengobrol dengan pelanggan secara random selayaknya teman, dengan begitu kamu tahu apa yang mereka inginkan dan bisa terus meningkatkannya. 

Baca Juga: 7 Tips Berbisnis Frozen Food, Banyak Diburu Kala PPKM Darurat!

4. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!ilustrasi hitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Yang namanya bisnis tentu tidak bisa ditebak kapan untuk ruginya, bisa saja ada momen dimana kamu untung besar tapi tiba-tiba berubah menjadi krisis. Dan dalam menghadapi situasi seperti itu kamu harus bisa memangkas pengeluaran dengan bijak. 

Jadi misalkan ada pengeluaran yang tidak benar-benar diperlukan dan bersifat hiburan, mungkin bisa dipangkas atau dihentikan untuk menghemat dana. Karena apapun yang terjadi bisnis harus tetap berjalan, kan, bahkan jika mengalami krisis sekalipun. 

5. Buat inovasi baru mengikuti perubahan trend

5 Tips Hadapi Pasang Surut Berbisnis, Pertahankan Kualitas!ilustrasi presentasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Kita semua tahu bahwa akan selalu ada perubahan dalam dunia bisnis, yang mana trend akan terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu kalau mau bertahan dalam bisnis, kamu pun juga harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai trend.

Buat inovasi baru mengikuti trend pada target pasarmu tapi jangan lupa untuk menjaga orisinalitas produk dan jasa yang kamu jual. Jadi meskipun berinovasi namun tetap unik dengan ciri khas sendri yang dipertahankan. 

Kesimpulannya, dalam menghadapi pasang surut dunia bisnis diperlukan kesiapan diri dan mental. Supaya bisnismu tetap bisa bertahap di tengah banyaknya perubahan dan krisis. 

Baca Juga: 5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya