Comscore Tracker

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!

Jangan biarkan hubungan pertemanan rusak karena bisnis

Berawal dari hubungan pertemanan terkadang muncul ide untuk berbisnis bersama. Harapannya berbisnis dengan teman akan lebih mudah karena hubungan akrab yang sudah terjalin. Kenyataannya banyak hubungan pertemanan yang justru merenggang akibat menjalani bisnis bersama, penyebabnya macam-macam mulai dari masalah komitmen, profesionalisme hingga yang paling sering masalah uang.

Sebenarnya berbisnis dengan teman tak selalu berakhir dengan rusaknya hubungan jika dijalani dengan benar. Banyak juga pengusaha yang sukses membangun bisnis dengan temannya. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin memulai bisnis dengan teman.

1. Memilih teman yang kompeten di bidangnya

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!Ilustrasi berteman (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Ketika memutuskan untuk membangun bisnis bersama teman, pilihlah partner bisnis yang memiliki kompetensi pada bidang bisnis yang akan dijalani. Partner bisnis yang kompeten akan membantumu menyelesaikan masalah yang muncul dalam berbisnis nantinya. Ia juga akan membuat bisnismu berjalan lebih lancar karena ditangani oleh ahlinya.

Jangan memilih partner bisnis berdasarkan kecocokan hubungan pertemanan, karena kecocokan dalam pertemanan tidak ada kaitanya dengan kecocokan bisnis. Jika asal dalam memilih teman bisnis, alih-alih membuat bisnismu lancar malah menjadi beban dalam menjalankan usaha. 

2. Berkolaborasi untuk hasil yang terbaik

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!Ilustrasi kerjasama (pixabay.com/mohamed_hassan)

Prinsip dalam berbisnis bersama teman adalah berkolaborasi. Menyatukan hasil pemikiranmu dan hasil pemikiran teman bisnismu menjadi sebuah ide cemerlang dan bernilai. Saling menutupi kekurangan dan melengkapi dengan kelebihan masing-masing. Selanjutnya bekerja sama untuk mengeksekusi ide bisnis yang dihasilkan.

Singkirkan dulu ego masing-masing dan perasaan paling berperan dalam membangun bisnis. Ingatlah bahwa kesuksesan akan lebih mudah diraih dengan kerjasama team yang baik.

Baca Juga: 5 Jenis Laporan Keuangan untuk Kembangkan Bisnis, Pelajari ya!

3. Membuat perjanjian tertulis

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!Ilustrasi kertas perjanjian (pixabay.com/delphinmedia)

Buatlah perjanjian tertulis yang berisi tentang pembagian tugas kerja, hak dan kewajiban masing-masing serta pembagian keuntungan secara jelas dan terperinci. Tulis juga poin mengenai tata cara penyelesaian sengketa jika terjadi masalah di kemudian hari.

Perjanjian tertulis ini harus dibuat di awal memulai usaha dan disepakati bersama. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya masalah sengketa dikemudian hari. Dengan adanya perjanjian yang sudah disepakati di awal, maka akan menghindari pertengkaran yang tidak ada ujungnya jika suatu saat terjadi masalah.

4. Sama-sama memegang teguh nilai kejujuran

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!Ilustrasi persahabatan (pixabay.com/sweetlouise)

Kejujuran harus menjadi dasar utama dalam membangun bisnis bersama teman.  Masing-masing pihak harus memiliki prinsip yang sama dalam menjaga nilai kejujuran dalam berbisnis baik kepada customer maupun kepada partner bisnis.

Tindakan ketidakjujuran dan menutupi masalah adalah awal dari kegagalan bisnis yang dijalani. Bukan tidak mungkin hubungan pertemanan yang sudah terjalin juga akan renggang.

5. Saling menjaga profesionalisme

5 Tips Berbisnis Bareng Teman, Biar Gak Merusak Hubungan!Ilustrasi tangan (pixabay.com/cocoparisienne)

Walaupun bisnis bersama teman, profesionalisme harus tetap dijaga. Masing-masing pihak harus bisa memisahkan mana urusan pribadi dan mana urusan bisnis. Jangan menganggap enteng pekerjaan karena bisa menimbulkan masalah pada bisnismu dan membuat partner bisnismu tidak suka.

Hilangkan sejenak rasa sungkan dan rasa tidak enak pada partner bisnis yang melakukan kesalahan. Bisnis harus berjalan sesuai dengan perjanjian dan aturan yang ada, sehingga jika ada salah satu pihak yang melakukan kesalahan konsekuensi harus diberikan sesuai aturan. 

Berbisnis bukan tentang menjaga perasaan dan ego pribadi tetapi tentang membangun usaha yang berorientasi pada keuntungan. Kecocokan dalam pertemanan saja tidak cukup dijadikan landasan membangun bisnis bersama teman, perlu adanya kompetensi, integritas dan loyalitas dalam berbisnis bersama.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kualitas Pekerjaan sesudah Menikah, Penting!

Rinda Septiana Photo Verified Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya