Comscore Tracker

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi Andalannya

Bisnis ini dijalankan secara otomatis dan semi otomatis

Jakarta, IDN Times - Dengan adanya perkembangan teknologi, kini kegiatan usaha dapat dijalankan dengan cara yang lebih modern. Salah satunya mengandalkan sistem informasi yang terkomputerisasi untuk menjalankan bisnis. 

Bisnis tersebut dapat disebut sebagai e-business atau bisnis yang memungkinkan suatu perusahaan untuk bisa berhubungan dengan sistem pemrosesan data secara internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.

E-business adalah segala hal yang fungsi maupun kegiatan bisnis nya dilakukan menggunakan seluruh data elektronik, termasuk dalam hal pemasaran internet. Dalam penggunaannya, e-business berkaitan dengan e-commerce karena merupakan salah satu sub bagian dari bisnis otomatis ini. 

Selain itu, e-business ini juga terbagi dalam 7 jenis lainnya. Berikut ulasannya.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Sembako, Cocok Banget Buat UMKM

1. B2C (business to consument)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi AndalannyaIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Jenis yang pertama ini adalah kegiatan e-business dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Transaksi pemesanannya pun dapat dilakukan di internet secara langsung dengan melihat harga yang sudah tercantum. 

Sebagai contoh, website yang menjual barang milik produksinya secara langsung kepada konsumen dengan menampilkan harga dan dapat langsung dilakukan transaksi di dalamnya, seperti e-commerce smartphone.

2. C2B (consumer to business)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi Andalannyahttps://seeklogo.com/

Merupakan kebalikan dari sebelumnya, C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional. Pada C2B, individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi. 

Contoh dari C2B ini adalah Google Play atau AppStore. 

3. B2B (business to business)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi Andalannyagoogle image

B2B adalah transaksi secara elektronik antara objek bisnis yang satu dengan objek bisnis lainnya atau bisa juga disebut transaksi antar perusahaan. 

Dalam penggunaannya, transaksi B2B menggunakan electronic data interchange (EDI) dan e-mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. Tidak hanya itu, B2B juga digunakan untuk pengiriman dan penerimaan berupa proposal bisnis. 

Misalnya, setiap perusahaan yang ingin membeli baja dari suatu perusahaan baja harus mendaftarkan perusahaannya sebagai mitra terlebih dahulu agar bisa melakukan pemesanan dengan menggunakan EDI.

Baca Juga: Perbedaan B2B dan B2C, Istilah yang Pebisnis Wajib Tahu!

4. C2C (consumer to consumer)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi AndalannyaIlustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Model e-business selanjutnya adalah sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan pada saat tertentu. C2C ini merupakan bentuk e-commerce yang telah menjamur di Indonesia.  

Contohnya adalah situs jual beli kendaraan, dimana pengunjung situs dapat mengiklankan mobil yang akan dijual ataupun jika ingin membeli mobil, pengunjung situs dapat mencari mobil yang ditawarkan oleh pengunjung lain.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tingkatkan Penjualan saat Kamu Bisnis Kecil-Kecilan

5. G2B (government to business)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi AndalannyaIDN Times/Galih Persiana

Berbeda dari sebelumnya, G2B adalah suatu bentuk kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku bisnis/sektor bisnis dengan menggunakan interaksi secara online. Biasanya, jenis ini diterapkan untuk pajak perseroan, pendaftaran perusahaan, peraturan pemerintah (hukum bisnis), pelelangan dan penjualan yang dilaksanakan oleh pemerintah, hak paten merk dagang, dan lainnya.

6. B2G (business to government)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi AndalannyaIlustrasi Penelitian Ilmiah. IDN Times/Mardya Shakti

Merupakan kebalikan dari G2B, B2G didefinisikan sebagai pasar “pemasaran sektor publik” yang mencakup pemasaran produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti iklan, dan komunikasi berbasis web, dan sebagainya. 

Jenis ini seperti yang ada pada laman www.businessofgovernment.org atau IBM Center for the Business of Government yang dapat menghubungkan penelitian manajemen publik dengan praktek.

7. G2G (government to government)

Ini 7 Jenis e-Business, Sistem Informasi Jadi Andalannya(ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Kebutuhan untuk berinteraksi antara satu pemerintah dengan pemerintah setiap harinya tidak hanya pada hal-hal yang terkait dengan diplomasi, tetapi juga untuk memperlancar kerjasama antar negara dan kerjasama antar entitas-entitas negara seperti masyarakat, industri, perusahaan, dan lain-lain.

Dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perdagangan, proses-proses politik, mekanisme hubungan sosial dan budaya, dan lain sebagainya, G2G berperan dalam hal ini. 

Sebagai contoh, untuk membayar pajak online, mencari pekerjaan, layanan jaminan sosial, Dokumen pribadi (akte kelahiran dan akte perkawinan, aplikasi paspor, lisensi pengarah), layanan imigrasi, layanan kesehatan, beasiswa, dan penanggulangan bencana.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya