Comscore Tracker

Temui Pelaku Usaha, Sandiaga Uno Minta Perbanyak Inovasi   

Agar bisa terus bersaing dan berkembang   

Malang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkomunikasi langsung dengan pelaku usaha kreatif saat kunjungannya ke Kota Malang, Sabtu (16/10/2021). Sandiaga juga menyempatkan untuk melihat-lihat sejumlah hasil usaha kreatif masyarakat di Kafe Latar Ijen, Kota Malang. Usai melihat produk kreatif masyarakat, Sandi menyampailan beberapa hal kepada para pelaku usaha kreatif. 

1. Harus berani berinovasi

Temui Pelaku Usaha, Sandiaga Uno Minta Perbanyak Inovasi   Sandiaga Uno saat melihat produk kerajinan dari pelaku usaha krteatif. IDN Times/Alfi Ramadana

Secara umum, Sandi menyebut bahwa peluang ekonomi kreatif masih sangat terbuka di Indonesia. Terlebih, pemerintah juga sudah menetapkan bahwa industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi negara. Para pelaku usaha pun harus terus berkreasi dengan inovasi-inovasi baru agar produk mereka bisa bersaing. 

"Karena sekarang sudah zamannya teknologi, maka inovasi harus memanfaatkan perkembangan teknologi digital," urainya Sabtu (16/10/2021). 

2. Harus adatif dengan situasi

Temui Pelaku Usaha, Sandiaga Uno Minta Perbanyak Inovasi   Sandiaga Uno saat memberikan penjelasan di depan pelaku usaha kreatif. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain inovatif, pelaku UMKM harus juga adaptif dengan situasi. Seperti saat pandemik COVID-19. Maka pelaku industri kreatif harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Memiliki mental yang tangguh untuk tetap bisa bertahan. Jika hal itu semua bisa dimiliki oleh pelaku industri kreatif maka ekonomu kreatif akan bisa bertumbuh dan bersaing. 

"Ekonomi kreatif itu juga membuka lapangan kerja yang cukup besar. Untik itu pemerintah memberi dukungan penuh dan terus mendorong agar industri kreatif bisa berkembang," imbuhnya. 

Baca Juga: Ini Respons Anies soal Isu Akan Maju Capres 2024 Bersama Sandiaga Uno

3. Perlu kolaborasi antara pelaku usaha kreatif

Temui Pelaku Usaha, Sandiaga Uno Minta Perbanyak Inovasi   Menparekraf, Sandiaga Uno saat berpose dengan penari topeng Malangan. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain itu untuk bisa berkembang, para pelaku usaha kreatif harus mau berkolaborasi antar pelaku usaha. Kolaborasi diperlukan dalam upaya untuk memperluas jejaring dan membuka peluang potensi kerja sama antar pelaku usaha. 

"Kolaborasi juga bisa memberikan tambahan pengalaman dan ide. Tujuannya tentu agar masing-masing produk bisa berkembang," tandasnya. 
 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Batik Refleksi Keberagaman Budaya Indonesia 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya