TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IHSG Kamis Pagi Melemah Analis Sarankan Waktunya Belanja Saham!

Saham apa ya yang menarik?

Ilustrasi Penurunan Harga Saham (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG melemah 1,545 poin atau 0,03 persen ke level 5.174,55 pada perdagangan Kamis (15/10/2020).

Sebanyak 104 saham menguat, 56 saham melemah dan 159 saham tidak mengalami perubahan. Adapun investor mencatatkan transaksi sebesar Rp236,355 miliar pada pagi hari ini.

Baca Juga: Bikin Lembaga Pengelola Investasi, Pemerintah Cari Modal Rp75 Triliun

1. Investor melakukan profit taking

Ilustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG secara teknikal hari ini memang akan bergerak melemah lantaran investor akan melakukan aksi profit taking. Memang berdasarkan data RTI selama satu pekan ini, IHSG sudah menguat 2,53 persen.

"Di sisi lain, Investor juga akan cenderung wait and see menanti beberapa data perekonomian," katanya. 

2. Bisa dimanfaatkan untuk aksi beli

Karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, Kepala Riset Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan bahwa investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melalukan aksi beli dalam jangka pendek.

"IHSG terlihat sedang berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajar dan berusaha menembus resisten level terdekat, jika terjadi koreksi wajar para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek," ujarnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Kemudahan Bisnis dan Investasi di RI yang Tertinggal Jauh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya