TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BRI Ajak Platform Online Salurkan KUR Digital bagi UMKM

Bagian komitmen BRI menyukseskan “Bangga Buatan Indonesia"

IDN Times/Bank BRI

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus membuat terobosan baru dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemik Covid-19. Hal yang terbaru, Bank BRI sebagai salah satu enabler di industri digital Indonesia bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) Digital.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan inisatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo, Kamis (14/05). Sunarso menambahkan bahwa pada tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee & Grab menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital.

“Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang saat ini di tahap finalisasi kerja sama,” tutur Sunarso.

1. Tujuan dari program tersebut adalah membantu UMKM terus bertahan pada masa pandemik

IDN Times/Bank BRI

Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. “Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR dan meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan pada masa pandemik,” tambah Sunarso.

Untuk diketahui, hingga akhir April 2020, Bank BRI menyalurkan KUR Rp43,2 triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia. Inisiatif tersebut disambut baik platform digital yang bekerja sama dengan Bank BRI.

2. Penggunaan teknologi dapat membantu UMKM menghadapi pandemik Covid-19

IDN Times/Bank BRI

Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia mengatakan bahwa Grab percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain membantu para mitra dalam menghadapi situasi pandemik saat ini.

"Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini," tutur Neneng.

3. Kerja sama BRI dan platform online diharapkan menjadi solusi pembiayaan UMKM saat pandemik

IDN Times/Bank BRI

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan menjadi solusi pembiayaan UMKM yang dapat membantu untuk meringankan para mitra penjual di tengah keadaan yang sulit ini. Hal tersebut sebagai wujud nyata dukungan Shopee terhadap imbauan stimulus penanganan Covid-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah.

"Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun, kami yakin sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta diperlukan untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar. Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi  pandemi," tutur Christin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya