TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indonesia Deflasi Berturut-turut, Pertanda Apa Ya?

Dampaknya pasti ke perekonomian dalam negeri

Ilustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Periode Juli-Agustus 2020, Indonesia mencatatkan deflasi. Kondisi tersebut dinilai kurang baik bagi perekonomian. Lantas, pertanda apakah deflasi berturut-turut tersebut?

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, deflasi tersebut menandakan terjadinya pelemahan terhadap daya beli masyarakat akibat COVID-19.

"Trennya hampir sama di semua negara bahwa pandemik covid terjadi pelemahan daya beli, hampir semua inflasi pelambatan dan mengalami defalsi," ujarnya dalam video conference, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga: Daging Ayam dan Tiket Pesawat Picu Deflasi Agustus 2020

1. Daya beli masyarakat butuh waktu untuk kembali normal

IDN Times/Patiar Manurung

Menurut Suhariyanto, kondisi pandemik COVID-19 membuat daya beli masyarakat sulit untuk normal dengan cepat. Apalagi, banyak dari mereka yang terdampak dari sisi pekerjaan sehingga mempengaruhi pendapatan.

Pria yang akrab disapa Kecuk itu berharap, program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilakukan pemerintah dapat mempercepat pemulihan ekonomi di dalam negeri.

"Kita semua menyadari COVID-19 menghantam semua lapisan masyarakat dan menurunkan daya beli. Kita berharap ke depan akan cepat kembali (normal)," ucap dia.

2. Juli dan Agustus 2020 Indonesia mengalami deflasi

Konferensi pers Badan Pusat Statistik (BPS) oleh Kepala BPS Suhariyanto (Dok. Humas BPS)

Berdasarkan catatan BPS, pada Juli 2020 terjadi deflasi sebesar -0,10 persen. Pada Agustus 2020, kembali terjadi deflasi sebesar -0,05 persen.

Deflasi ini berasal dari kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau serta dari kelompok transportasi.

"Inflasi tertinggi Agustus 2020 terjadi untuk kelompok pengeluaran perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 2,02 persen," ujar Kecuk.

Baca Juga: BPS Catat Terjadi Deflasi -0,10 Persen pada Juli 2020

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya