TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Mitra Dagang Resesi, Bagaimana Nasib Indonesia?

Jadi minus 11,25 persen

Ilustrasi ekonomi terdampak pandemik COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, menyebut 6 dari 10 mitra dagang Indonesia terdampak resesi dengan pertumbuhan ekonomi minus.

Keenam negara tersebut adalah Jepang, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Thailand. "Dan ini berdampak pada perdagangan kita," kata Agus dalam webinar yang diselenggarakan Bisnis.com, Selasa (28/7/2020).

Lalu apa dampaknya untuk perdagangan Indonesia?

Baca Juga: Sibuk Bahas Resesi Ekonomi, Apa sih Artinya?

1. Perdagangan Indonesia minus 11,25 persen

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, Agus mengatakan secara total perdagangan Indonesia mengalami minus 11,25 persen akibat resesi yang melanda negara mitra dagangnya.

"Berdasarkan data WTO, perdagangan dunia akan turun di level 13 persen sampai minus 32 persen. Jadi perdaganagn akan mengadhapi tantangan besar karena dengan 6 dari 10 partner dan dampaknya penurunan terhadap perdagangan kita juga besar," kata Agus memaparkan.

2. Total perdagangan Indonesia turun US$15 juta

Ilustrasi impor (IDN Times/Arief Rahmat)

Masih berdasarkan data Kementerian Perdagangan, akibat resesi di 6 mitra dagang Indonesia, terjadi penurunan total perdagangan sebesar US$15 juta dibanding tahun sebelumnya.

Pada periode Januari-Mei 2019, Indonesia mengantongi total perdagangan sebesar US$140,307 juta. Sementara pada Januari-Mei 2020 ini hanya sebesar US$124,521 juta.

Baca Juga: Susul Singapura, Korea Selatan Masuk Jurang Resesi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya