TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dahlan Iskan: Harga Minyak Dunia Dicuekin karena Isu Virus Corona

Padahal ada bahaya yang mengancam Amerika Serikat

Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia Ke-7, Dahlan Iskan mengatakan kini isu harga minyak dunia mulai terpingkirkan. Salah satu sebabnya adalah besarnya pandemik virus corona di dunia saat ini.

"Akibat demam corona orang sampai lupa: berapa harga minyak mentah sekarang. Jangan-jangan masih dikira 50 dolar/barel," kata Dahlan melalui blognya yang dilansir pada Sabtu (4/4).

Baca Juga: Lockdown Sejumlah Negara, Harga Minyak AS Terendah dalam 18 Tahun

1. BBM yang sangat murah di Amerika

Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dahlan mengatakan pada minggu lalu harga BBM di Amerika hanya US$1,6 per galon atau setara dengan Rp6.800 per liter. "Dengan gaji buruh US$10 dolar per jam, harga BBM di Amerika itu begitu murahnya," kata Dahlan dari blognya yang berjudul Virus Minyak.

Jumat malam, harga BBM di Michigan bahkan turun lagi. "Tinggal US$1,3 dolar per galon. Begitu murahnya. Seperti guyon," kata Dahlan menambahkan.

2. Amerika dalam ancaman jika harga minyak dunia berlangsung lama

Twitter/realDonaldTrump

Eks Direktur Utama PLN ini meramalkan Amerika Serikat akan menghadapi masalah permanen di sektor infrastrutur sumur minyak jika harga minyak dunia yang murah berlangsung hingga dua tahun ke depan.

"Tapi siapa peduli. Semua perhatian semua kepala negara lagi ke Covid-19. Termasuk 'Raja-de-facto' Arab Saudi Mohamad bin Salman. Virus kecil ini begitu besar sekarang," katanya.

Masalah kedua adalah perusahaan minyak di Amerika Serikat yang terancam gulung tikar tiga bulan lagi jika harga minyak dunia masih rendah.

"Dengan harga seperti ini perusahaan minyak itu hanya akan bisa bertahan tiga bulan lagi. Setelah itu: tutup semua. Bagi Amerika tentu lebih murah impor minyak lagi saja. OPEC menjadi penting lagi. Plus Rusia," ujarnya.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun, Pertamina akan Sesuaikan Harga BBM? 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya