TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemerintah Rayu 50 Mitra agar Bisa Suntik Modal SWF Rp60 Triliun

Total modal SWF Rp75 triliun sampai akhir tahun

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memastikan akan menambah modal Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ada tambahan modal Rp60 triliun yang siap disuntikkan ke lembaga tersebut.

"Di 2020 telah dialokasikan modal awal Rp15 triliun dan 2021 di persiapkan tambahan Rp60 triliun dan diharapkan kuartal I INA bisa merealisasikan kegiatannya," kata Airlangga dalam acara Reimagining The Future of Indonesia oleh Katadata Indonesia, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Apa Itu LPI? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang SWF Indonesia

1. Rayu 50 perusahaan jadi mitra SWF

Pengenalan Dewan Pengawas dan Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi pada Selasa (16/2/2021) di Istana Negara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Airlangga juga mengabarkan bahwa pemerintah kini tengah 'merayu' 50 perusahaan untuk menjadi mitra strategis dari Lembaga Pengelola Investasi ini. Meski demikian ia tidak merinci perusahaan mana saja yang tengah dijajaki untuk menjadi mitra.

"Pemerintah telah berkonsultasi dengan 50 perusahaan dan calon mitra strategis," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Beberkan SWF Dapat Suntikkan Dana Rp281 Triliun 

2. Modal awal SWF tahun ini capai Rp75 triliun

IDN Times/Irfan Fathurohman

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga ex-officio dewan pengawas LPI mengatakan, pemerintah akan menyuntikkan modal kepada lembaga tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 74/2020 mengenai modal awal LPI sebesar Rp75 triliun.

Dalam PP 74/2020, kata Sri Mulyani, memandatkan bahwa modal LPI akan secara bertahap mencapai Rp75 triliun di akhir 2021.

Baca Juga: SWF di 3 Negara ini Jadi Inspirasi Pembentukan LPI

Baca Juga: 5 Negara dengan Dana Abadi Terbesar di Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya