TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rizal Ramli: Hati-hati, Isu Impor Beras Bisa Pengaruhi Jokowi di 2019 

Ada kelangkaan beras yang sengaja diciptakan?

kedaipena.com/irfanmurpratomo

Jakarta, IDN Times – Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli menyebut petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa tidak terpilih lagi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu lantaran polemik impor dan ketersediaan stok beras yang ada di Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Jadi hat-hati soal ini (impor beras),” kata Rizal Ramli di acara Indonesia Business Forum di TV One, Kamis (20/9).

1. Stok beras yang melimpah

IDN Times

Rizal yang juga mantan Dirut Bulog itu mengatakan, saat ini ada 2,4 juta ton beras di gudang Bulog. Belum lagi tambahan sekitar 12 juta ton beras dalam 6 bulan ke depan dan juga masa panen raya yang diperkirakan jatuh pada Januari 2019.

“Kalau gudang gak ada, panen raya mau ditaruh di mana. Kalau Januari, Februari Bulog gak bisa lagi, gak ada gudang, rakyat petani bisa marah,” katanya.

Baca Juga: Kronologi Memanasnya Hubungan Buwas dan Mendag Enggar

2. Kelangkaan beras yang sengaja diciptakan

google

Rizal tidak mempermasalahkan jika harus ada impor. Namun dengan catatan, pemerintah harus objektif melihat kondisi yang ada. Rizal mencurigai ada kelangkaan beras yang sengaja diciptakan pihak tertentu.

“Mentan (Menteri Pertanian) mau tingkatkan produksi. Tiap panen harga jatuh karena impor beras, tebu, harga jatuh, rakyat bilang, 'jangan kibulin kita.' Ini kelangkaan yang diciptakan,” jelasnya.

Apalagi Indonesia mulai memasuki musim hujan dimana produksi turun 0,5 persen. "Kalau lagi el nino, suhu panas produksi turun 10 persen nah kita perlu impor 2,5 juta ton,” imbuh Rizal.

Baca Juga: Buwas Ancam Pidanakan Provokator Isu Impor Beras

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya