TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Takut Gagal saat Menjalankan Usaha? Kamu Perlu Simak Trik Ini

Ketakutan itu wajar, tapi kalau sampai gagal gimana?

Ilustrasi Sakit Kepala (IDN Times/Mardya Shakti)

Jakarta, IDN Times - Wajar banget kalau kita takut gagal. Ketakutan adalah sifat alami kita sebagai manusia. Terlebih jika tengah menjalankan sebuah usaha. Bagaimana kita membuat keputusan, membuat daftar gaji, mengumpulkan modal, dan membangun perusahaan yang hebat, dan keputusan lainnya.

Lalu, bisakah kita mengatasi ketakutan itu? Dilansir dari Forbes, berikut ini adalah tiga cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa takut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan 

1. Ingat, ketakutan bisa memotivasi kita

idn media

Kita mungkin pernah mendengar kalau ketakutan sebenarnya adalah kegembiraan yang disalahartikan tubuh kita sebagai respons psikologis. Journal of Business Venturing membagikan penelitiannya tentang rekonseptualisasi rasa takut dalam kewirausahaan.

Jurnal itu menemukan bahwa pengalaman ketakutan akan kegagalan dalam kewirausahaan bisa menimbulkan dua macam respons. Bagaikan dua sisi koin, ketakutan itu dapat memotivasi tapi  dapat juga menghambat.

Ketakutan itu dapat memotivasi kita dan membuat kita untuk melakukan usaha yang lebih besar atau sebaliknya. Pilihan selanjutnya adalah apakah kita memilih pendekatan dengan mengejar ketakutan itu atau menghindarinya?

2. Pikirkan dampak luas dari usaha kamu

IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Cara kedua untuk mengatasi ketakutan berwirausaha, coba deh kamu luangkan waktu untuk melihat lebih dalam terhadap bisnis yang kamu jalankan. Kamu akan menyadari kalau bisnis kamu bukan cuma sekadar membantu pelanggan.

Jauh dari itu, usaha yang kamu bangun itu menyediakan pekerjaan untuk karyawan kamu. Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis kamu, kamu pasti membantu orang lain yang terlihat dalam bisnis itu.

Ini adalah sifat bisnis. Apalagi ketika barang atau jasa yang ditawarkan bisnismu juga memberikan nilai manfaat bagi pelangganmu yang sudah kian berkembang. Bayangkan, kamu menyumbangkan nilai khusus ke dunia.

Baca Juga: Jangan Takut, Ini 7 Fakta dan Solusi Trauma Psikologis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya