TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Genjot Pariwisata, Perluasan Bandara Karimunjawa Selesai 2022 

Rute baru menuju Karimunjawa juga akan dibuka

Dok.Kemenhub

Jakarta, IDN Times - Pengembangan Bandara Dewadaru, Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ditargetkan selesai tahun 2022. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pengembangan bandara untuk mendongkrak pariwisata di daerah tersebut.

"Sekarang ini panjang runway 1200 meter. Akan kami buat menjadi 1600 meter, bahkan 1700 meter supaya pesawat baling-baling sejenis ATR-72 bisa mendarat dengan kapasitas penuh," kata Menteri Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (12/1).

Budi mengatakan pengerjaan perpanjangan runway dan pembangunan gedung terminal akan diusulkan dalam anggaran tahun 2021.

1. Perpanjangan runway akan menambah frekuensi penerbangan

Dok.Kemenhub

Tak hanya itu, lanjut Menhub, terminal penumpang sekarang ini tidak sampai 1000 meter persegi akan dibangun 2000 meter persegi hingga 2800 meter persegi.

"Ditargetkan tahun 2022 selesai dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari sekarang," katanya.

Menurut dia, perpanjangan runway akan dapat menambah frekuensi penerbangan dari dan menuju Pulau Karimunjawa. Saat ini hanya terdapat satu maskapai Wings Air yang melayani secara reguler tiga kali dalam seminggu dan tingkat keterisian penumpangnya sudah 100 persen.

2. Kemenhub akan membuka rute baru menuju Pulau Karimunjawa

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Menhub mengatakan, saat ini panjang runway masih 1200 meter. Pesawat ATR-72 dari maskapai Wings Air tidak dapat mengangkut penumpang dengan kapasitas maksimal demi pemenuhan aspek keselamatan.

"Nanti pada saat bandara ini runwaynya 1600 meter kami akan tingkatkan pergerakan dari pesawat-pesawat terutama dari Semarang," katanya.

Selain menambah kapasitas, Menhub mengatakan, membuka kesempatan untuk adanya penambahan rute baru menuju Pulau Karimunjawa. Misalnya dari Bandara Kulonprogo ke Karimunjawa.

"Ini akan jadi kombinasi pariwisata yang baik dengan Borobudur. Karena kalau dia mau di satu tempat Candi Borobudur bisa kombinasi ke sini," ungkapnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Kece di Karimunjawa untuk Penikmat Senja

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya