TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gojek Xcelerate Batch 3 Sasar Startup Sektor Ritel 

Akselerator dibutuhkan untuk startup yang baru bertumbuh

Konferensi Pers Gojek. (IDN Times/Indiana Malia)

Jakarta, IDN Times - Gojek Xcelerate Batch 3 menyasar startup sektor ritel. Program tersebut berfokus pada inovasi kebutuhan keseharian konsumen. Dengan demikian, startup bisa bersaing dan tumbuh lebih cepat.

"Melalui Gojek Xcelerate, Gojek berbagi metode efektif dalam mengembangkan produk secara efisien kepada sembilan startup anak bangsa terpilih," ungkap Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin di Kantor Gojek, Jumat (14/2).

1. Metode growth hacking bertujuan untuk mencapai product market fit

Ilustrasi startup. (IDNTimes/Holy Kartika)

Ainul menjelaskan, metode growth hacking digunakan untuk mencapai product market fit, yaitu memberikan nilai tambah penciptaan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Menurut dia, metode tersebut mirip dengan disiplin marketing.

Perusahaan selalu mengupayakan cara memasarkan produk dan jasa yang paling sesuai dengan target konsumen, bahkan sampai level individu. "Dalam growth-hacking, startup menganalisis data perilaku konsumen untuk mencari solusi yang pasti bagi konsumen, dan ini penting untuk membantu percepatan pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis," ujarnya.

2. Akselerator dibutuhkan untuk startup yang baru bertumbuh

Managing Director Digitaraya, Nicole Yap. (IDN Times/Indiana Malia)

Managing Director Digitaraya, Nicole Yap menambahkan, data Forbes menyebut 70 persen dari kegagalan startup disebabkan oleh pertumbuhan yang prematur. Startup menggunakan dana yang sudah diinvestasikan untuk memperbaiki produk yang sudah ada daripada menguji produk tersebut agar cocok dengan konsumen.

"Pada kondisi inilah akselerator startup dapat membantu, memberikan startup petunjuk agar mereka dapat menghindari kegagalan-kegagalan yang sudah pernah ada dan mendorong mereka untuk menguji asumsi mereka lebih awal bersama dengan mentor serta ahli di bidangnya," katanya.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif Catherine Hindra Sutjahyo-Chief Food Officer Gojek

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya