TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Jurus Allianz Tingkatkan Literasi Finansial Millennial dan Gen Z

Mengatur keuangan ibarat membangun sebuah rumah

Webinar literasi keuangan (Dok.Allianz)

Jakarta, IDN Times – Lebih dari 50 persen populasi masyarakat Indonesia saat ini merupakan generasi millenial dan gen Z. Mengingat pentingnya peran generasi millenial dan gen Z dalam membangun negara, Allianz Life Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan literasi finansial di Indonesia untuk kalangan millenial dan gen Z.

“Dengan meningkatnya literasi finansial di kalangan generasi muda, tentunya akan berampak besar terhadap perekonomian negara,” jelas Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia, Ni Made Daryanti dalam keterangannya yang dikutip pada Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Premi Allianz Life Syariah Tumbuh 22 Persen Sepanjang 2021

Baca Juga: 4 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi, Jangan Acuh!

1. Mengatur keuangan ibarat membangun sebuah rumah

ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ni Made mengibaratkan pengaturan keuangan seperti saat seseorang sedang membangun rumah, dimana terdapat dua pilar dalam rumah keuangan kita.

Pilar utama merupakan dana darurat yang digunakan untuk berjaga-jaga saat kondisi darurat. Idealnya, jumlah dana darurat dapat sebesar 3-6 bulan pengeluaran kita.

“Untuk pilar yang kedua, terdapat asuransi sebagai pilar untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko yang tidak terduga atau tidak dapat dikontrol. Jika kedua pilar tersebut sudah kokoh, barulah kita siap untuk berinvestasi,” katanya.

2. Tips memilih asuransi bagi milennial dan gen Z

ilustrasi asuransi (dok. Manulife)

Sebelum memilih asuransi yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, cek reputasi perusahaan di OJK.

“Selain itu, memiliki asuransi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan. Dan ketiga, pertimbangkan berapa premi yang harus dibayarkan, metode dan periode pembayaran premi, dengan perhitungan idealnya, premi asuransi sebesar 10 persen sampai 15 persen dari total income kita. Dengan begitu, kita dapat lebih bijak dalam memilih asuransi,” ujar Ni Made.

Baca Juga: 13 Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli, Beda dari Tabungan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya