TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bursa: Pengertian dan Jenisnya

Apa itu bursa?

Papan Bursa Efek Indonesia. (IDN Times/Auriga Agustina)

Pernahkah kamu mendengar istilah bursa? Bursa adalah tempat terjadinya jual beli yang memiliki legalitas dan terorganisasi. 

Salah satu versi asal usul istilah bursa dikenal dari sebuah tempat di Perancis masa lalu, Bruges. Tempat yang kini menjadi bagian dari negara Belgia dikenal ramai transaksi para pedagang. 

Transaksi jual beli pada bursa yang umumnya ialah bursa saham dan mata uang asing (valuta). Padahal selain itu terdapat jual beli berupa obligasi, perdagangan komoditas dan instrumen berjangka lainnya.

Baca Juga: GoTo IPO di Bursa Efek Indonesia Semester-I 2022

Baca Juga: BEI Jadi Bursa Paling Aktif se-Asia Tenggara

1. Penjual, pembeli, dan regulator dalam bursa

Gedung Bursa Efek Indonesia. (IDN Times/Auriga Agustina)

Bursa tidak seperti pasar konvensional di mana pembeli dan penjual bisa saling bertemu secara fisik. Pada bursa pembeli dan penjual tidak mengetahui siapa yang bertransaksi dengan mereka. Oleh karena itu, bursa identik dengan transaksi produk non-fisik. 

Perusahaan atau korporasi yang telah terdaftar di bursa saham berlaku sebagai penjual. Korporasi dapat menjual sahamnya melalui sekuritas tertentu. Sedangkan pembeli dalam bursa yaitu masyarakat umum, investor atau korporasi. 

Dalam bursa, korporasi menarik minat investor dengan cara menerbitkan surat berharga (emiten) dan saham. Wujud saham sendiri berupa selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas adalah salah satu pemilik perusahaan tersebut. Pada bursa mata uang, instrumen yang digunakan berupa grafik dan nilai kurs tanpa melibatkan uang secara fisik saat transaksi jual beli. 

Aktivitas dalam bursa dilakukan melalui pasar modal masing masing negara. Indonesia memiliki Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berpusat di Jakarta. Pemerintah sebagai regulator juga mengeluarkan berbagai kebijakan sehingga dapat menjamin keamanan transaksi dan keberlanjutan investasi pasar.

Baca Juga: Bukalapak Terbuka untuk Dual Listing Saham, Jadi di Bursa AS?

Itulah pengertian dan jenis dari bursa, sekarang kamu bisa membedakan bursa berdasarkan masing-masing dari jenisnya. Setiap kategori dalam bidang keuangan, jenis bursa yang digunakan juga berbeda.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya