TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wacana BBM Subsidi Naik, Menhub Pastikan Harga Avtur Tetap

Menteri Perhubungan memastikan harga avtur tidak naik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (IDN Times/Ilman)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah mewacanakan menaikkan harga BBM bersubsidi. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan harga avtur untuk bahan bakar pesawat tidak naik.

"Adanya (wacana) BBM naik, Insya Allah avtur akan tetap," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Menhub Budi Minta PPn di Tiket Pesawat Dihapus

Baca Juga: Menhub: Kalau Mau Tiket Pesawat Lebih Murah, Terbang Siang-Hari Kerja

1. Maskapai diklaim sudah beri harga tiket murah

Ilustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Budi menjelaskan, harga avtur tidak naik diharapkan menjadi cara pengelola maskapai pesawat untuk menurunkan harga tiket. Menurutnya, penurunan harga tiket sudah dilakukan di beberapa momen.

"Tiket pesawat, kami sudah melakukan effort, yaitu mengimbau masyarakat penerbangan untuk melakukan efisiensi, inovasi dan kampanye promosi," ucap dia.

"Dan beberapa airlines sudah memberikan tarif-tarif murah dari waktu-waktu tertentu," sambungnya.

2. Pemerintah daerah diminta berikan guaranty occupancy untuk maskapai penerbangan

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Dok. Garuda Indonesia)

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, pemerintah daerah juga diminta untuk memberikan guaranty occupancy kepada maskapai penerbangan. Hal itu dilakukan apabila kapasitas kursi tidak mencapai 60 persen ketika terbang ke tujuan daerah tersebut.

"Di beberapa daerah juga kita minta kepada pemda-pemda harus membantu mengatur subsidi dalam tanda petik. Subsidi itu bukan subsidi, tetapi guaranty occupancy. Kita tahu kalau pesawat itu (di bawah guaranty occupancy 60 persen) apalagi pesawat yang baling-baling, itu mereka rugi, ini mereka minta guaranty," kata dia.

"Tapi kalau ternyata pesawat itu lebih dari 60 persen, pemda tidak perlu mengeluarkan uang. Jadi, komitmen dari pemda untuk memasarkan, membeli dan mengonsumsi tentang penerbangan-penerbangan ke daerah-daerah," sambungnya.

Baca Juga: Tak Ingin BBM Naik, Gerindra: Negara Masih Mampu Subsidi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya