TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina dan IWAPI Kolaborasi Dukung Pelaku UMKM Perempuan 

Hal ini agar UMKM berkembang hingga kancah global

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) demi mendorong UMKM perempuan untuk maju di kancah global. 

Kolaborasi ini diwujudkan dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi, dan Ketua Umum DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Dyah Anita Prihapsari, disaksikan langsung oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Pertamina Pastikan Stok Solar Cukup 

1. Pertamina miliki mitra binaan lebih dari 63 ribu UMKM

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa Pertamina memiliki mitra binaan lebih dari 63 ribu UMKM.

Dari jumlah tersebut, sekitar 22 ribu UMKM di antaranya dikelola oleh pelaku usaha wanita. 

“Kerja sama dengan IWAPI adalah sangat tepat dalam melakukan pendampingan dari mulai peningkatan skill, pembukaan pemasaran hingga pendanaan,” ujar Nicke.

2. Target komposisi mitra UMKM perempuan

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan sambutan melalui daring dalam acara Pertamina Investor Day 2021 bertema Energizing Sustainable Growth di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (23/6/2021). (Dok. Pertamina)

Nicke menambahkan, jika secara persentase saat ini UMKM perempuan yang menjadi mitra binaan Pertamina sekitar 33 persen.

Menurutnya, Pertamina akan berupaya meningkatkan komposisi UMKM perempuan hingga 47,2 persen, sesuai dengan standar nasional. Ia berharap melalui kerja sama dengan IWAPI yang memiliki lebih dari 30 ribu pengusaha wanita bisa mendukung target tersebut. 

“Kami lakukan kenaikan kelas itu dari mulai go modern, go digital, go online, go global. Tahapan inilah yang kita lakukan secara detail khusus untuk perempuan hingga ke level go global,” imbuh Nicke.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya