TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elon Musk Mau Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak, Kok Bisa?

Musk menghadapi tagihan pajak 15 miliar dolar AS

Elon Musk, CEO Tesla, SpaceX (Instagram.com/elonmuskk)

Jakarta, IDN Times – CEO Tesla Elon Musk menghadapi tagihan pajak lebih dari 15 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp210 triliun dalam beberapa bulan mendatang karena opsi sahamnya. Hal ini pun mempertegas kemungkinan Musk akan menjual sebagian saham Tesla miliknya tahun ini.

Sebelumnya akhir pekan ini Musk bertanya kepada 62,7 juta pengikut Twitternya apakah dia harus menjual 10 persen dari kepemilikan saham Tesla.

“Banyak yang dibuat akhir-akhir ini dari keuntungan yang belum direalisasi sebagai sarana penghindaran pajak, jadi saya mengusulkan untuk menjual 10 persen saham Tesla saya,” tweetnya, sebagaimana dikutip dari CNBC, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Elon Musk Mau Sumbang Rp84 Triliun untuk Kelaparan, tapi Ada Syaratnya

Baca Juga: Sultan! Harta Elon Musk Setara Gabungan Bill Gates dan Warren Buffett

1. Akan ikuti saran followers-nya

CEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Dalam postingan Twitter itu Musk mengatakan akan menjalankan hasil jajak pendapat tersebut, apa pun hasilnya. Hasilnya 58 persen mendukung penjualan dan 42 persen menentang. Ini berarti orang terkaya di dunia itu akan menjual sahamnya.

“Saya akan mematuhi hasil jajak pendapat ini, bagaimanapun caranya,” tulisnya.

Baca Juga: Tajir Melintir! Kekayaan Bersih Elon Musk Dekati Rp4.200 Triliun

2. Musk punya tagihan pajak

Ilustrasi Tesla (pixabay.com/ElasticComputeFarm)

Namun, laporan menyebut bahwa tidak peduli hasil jajak pendapat itu, Musk kemungkinan akan mulai menjual jutaan saham pada kuartal ini. Alasannya adalah karena ia memiliki tagihan pajak yang lebih dari 15 miliar dolar AS.

Musk dianugerahi opsi pada 2012 sebagai bagian dari rencana kompensasi. Karena dia tidak mengambil gaji atau bonus tunai, kekayaannya berasal dari penghargaan saham dan keuntungan harga saham Tesla.

Penghargaan pada 2012 adalah untuk 22,8 juta saham dengan harga kesepakatan 6,24 dolar AS per saham. Saham Tesla ditutup di level 1,222,09 dolar AS pada Jumat lalu, yang berarti keuntungannya dari saham hanya senilai total di bawah 28 miliar dolar AS.

Perusahaan juga baru-baru ini mengungkapkan bahwa Musk telah mengambil pinjaman menggunakan sahamnya sebagai jaminan, dan dengan penjualan, Musk mungkin ingin membayar kembali sebagian dari kewajiban pinjaman tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya