TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nalagenetics dan Ruangguru Jadi Top Startup di Ajang G20

Kedua startup top ini merupakan portfolio East Ventures

Ruangguru (Website/ruangguru.com)

Jakarta, IDN Times - Perusahaan teknologi medis yang berfokus pada personalisasi skrining dan intervensi, Nalagenetics, serta perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru, dipilih sebagai Top 10 Startup unggul dalam forum internasional G20 Innovation League 2021 yang diselenggarakan di Sorrento, Italia, pada 9-10 Oktober 2021.

Nalagenetics meraih juara 1 pada kategori healthcare, sedangkan Ruangguru meraih juara 2 pada kategori AI (Artificial Intelligence).

Kedua portfolio East Ventures ini merupakan perwakilan startup dari Indonesia yang dipilih oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) untuk mengatasi tantangan global yang jadi perhatian utama G20 (Group of 20) pada forum tahun ini.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Jelaskan Makna Logo Presidensi G20 Indonesia

Baca Juga: Daftar Perusahaan Startup di Indonesia, Nambah Terus!

1. Tanggapan Nalagenetics dan Ruangguru

ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Atas pencapaian ini, CEO Nalagenetics Levana Sani mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kominfo yang telah memberi perusahaannya kesempatan untuk mewakili Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Kominfo dan juga penyelenggara G20 untuk berbagi mengenai misi kami dalam menjadikan personalisasi kesehatan terjangkau untuk negara berkembang. Kami berharap untuk terus membanggakan nama Indonesia secara global,” katanya.

Sejalan dengan Levana, Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru Iman Usman juga mengungkapkan apresiasinya. Ia mengatakan mereka merasa terhormat telah dipilih oleh Kominfo untuk mewakili Indonesia di ajang G20 Innovation League 2021.

Ia menyebut pencapaian ini diperoleh tidak lepas dari kerja keras ribuan tim Ruangguru, khususnya tim Produk, Teknologi, dan Konten di Ruangguru, yang senantiasa berinovasi untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

“Pada ajang ini, kami berbagi tentang pengalaman Ruangguru dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan rekayasa (artificial intelligence) untuk menciptakan pengalaman belajar adaptif dan personal bagi pelajar di Indonesia. Semoga penghargaan ini bisa memotivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi bagi pendidikan Indonesia!” katanya dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Ruangguru Masuk Daftar 25 Besar Perusahaan Paling Inovatif di Dunia

2. Tentang G20 Innovation League 2021

Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

G20 Innovation League 2021 merupakan bagian dari Presidensi G20 Italia yang berfokus pada tantangan dan peluang untuk meningkatkan perdagangan internasional, investasi dan lapangan inovasi demi kesejahteraan manusia.

Tahun ini, setiap negara dapat menunjuk startup untuk setiap tantangan global yang telah ditentukan, yaitu sebagai berikut:

1)  Tantangan dan peluang Cleantech The challenge and opportunities of Cleantech

2)  Bagaimana memaksimalkan potensi AI dan mengelola risikonya

3)  Meningkatkan kapabilitas manusia melalui teknologi IoT dan wearables

4)  Membangun kota pintar (smart cities) dan masa depan sistem transportasi dengan fokus khusus pada transportasi hijau dan pintar (smart mobility)

5)  Menciptakan kembali masa depan Healthcare

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya