Comscore Tracker

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Makna Logo Presidensi G20 Indonesia

Retno berharap G20 bermanfaat bagi rakyat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan bakal menjadi presidensi G20 pada 2022. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pun memperkenalkan logo sekaligus makna dari agenda besar yang bakal digelar di Indonesia itu. 

Dalam konferensi pers pada Selasa (14/9/2021), Retno memperlihatkan wujud logo dari presidensi G20 Indonesia. Secara visual logo tersebut punya warna dasar putih, plus beberapa tambahan warna merah dan biru tua. 

“Mengenai logo presidensi G20 di Indonesia akan menggunakan dasar logo merah putih yang merupakan representasi bendera Indonesia,” kata Retno kepada awak media.

Baca Juga: RI Tuan Rumah Presidensi G20, Fokuskan Kepentingan Negara Berkembang

1. Retno jelasakan gunungan dan motif kawung di logo presidensi G20 Indonesia

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Makna Logo Presidensi G20 IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Retno juga menjelaskan beberapa detail gambar yang terdapat dalam logo tersebut. Selain font yang menunjukkan G20, terdapat juga gambar gunungan dan motif kawung melengkapi viisual dari logo tersebut.

“Gambar gunung, menggambarkan peranan aktif Indonesia membawa dunia memasuki babak baru, yaitu pemulihan pascapandemik secara bersama-sama,” ujar perempuan berusia 58 tahun tersebut.

“Sementara, kawung sendiri melambangkan kesempurnaan, keadilan, keperkasaan,” lanjut dia.

2. Retno berjani presidensi G20 Indonesia bermanfaat bagi rakyat dan dunia

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Makna Logo Presidensi G20 IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri asal Semarang ini juga menjelaskan, perpaduan dari gunung dan kawung diibaratkan sebagai sulur tanaman yang terus tumbuh. menurut dia, itu merupakan representasi pemulihan ekonomi bersama-sama.

“Dengan logo itu, Indonesia berkomitmen bahwa presidensi G20 Indonesia akan memberikan dampak positif, tidak saja bagi seluruh rakyat Indonesia, tetapi juga bagi dunia,” ujar Retno.

Baca Juga: Indonesia Targetkan Tambahan PDB Rp7,47 Triliun Hasil Forum G20

3. Indonesia mengemban tanggung jawab besar

Menlu Retno Marsudi Jelaskan Makna Logo Presidensi G20 Indonesia(Para pemimpin KTT G20 termasuk Presiden Jokowi berfoto di Osaka, Jepang) www.twitter.com/@jokowi

Pada kesempatan ini,  Retno juga mengungkapkan, terpilihnya Indonesia mengemban tugas jadi Presidensi G20 merupakan tanggung jawab besar. Oleh sebab itu, ia ingin kepercayaan yang sudah diberikan ini harus dijalankan dengan sebaik mungkin.

Ia memastikan, Indonesia akan bekerja keras menyukseskan presidensi G20 tahun 2022. Pemerintah sangat mengharapkan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia bagi suksesnya presidensi G20.

“Pemerintah akan bekerja keras agar amanah ini memberikan manfaat maksimal bagi rakyat Indonesia. Ini akan meneguhkan peran kepemimpinan yang selama ini dijalankan Indonesia di dunia internasional,” tukas dia.

Baca Juga: Ekonomi Negara Maju Mulai Pulih, yang Berkembang Masih 'Merana'

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya