TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir: Jelang Nataru, Stok Beras Bulog Aman

Harga bahan pokok seperti cabai rawit dan telur naik

Ilustrasi pekerja membongkar muat beras di gudang Bulog. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan stok beras yang ada di Perum Bulog masih memadai menjelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu disampaikan Erick ketika berkunjung ke Pasar Rasamala di Semarang, Jawa Tengah bersama dengan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan pada Jumat (2/12/2022).

"Secara keseluruhan, stoknya cukup, termasuk beras Bulog masih aman," ucap Erick.

Baca Juga: BUMN Buka Lowongan Kerja buat 898 Orang, Lamar kuy!

Baca Juga: Kementan Sebut Ada 610 Ribu Ton Beras Bisa Diserap Bulog

1. BUMN harus awasi perkembangan ketersediaan bahan pokok

Ilustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Erick pun memastikan, BUMN membantu ketersediaan bahan pokok dalam menghadapi periode liburan Nataru. Untuk itu, dia menginstruksikan BUMN-BUMN pangan yang tergabung dalam Holding BUMN Pangan atau ID Food untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru.

"Kita tahu tren kebutuhan bahan pokok saat akhir tahun akan mengalami peningkatan. BUMN harus hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Erick.

Baca Juga: Mendag Zulhas Beri Deadline ke Bulog dan Kementan Penuhi Stok Beras

2. BUMN mesti sehat

Gedung Kementerian BUMN (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Adapun sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, BUMN disebut Erick punya kemampuan untuk menyeimbangkan pasar ketika harga mengalami kenaikan. BUMN pun siap melakukan operasi pasar dengan menggelar pasar murah di sejumlah daerah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Untuk itu, kenapa saya sering tekankan bahwa BUMN harus sehat. Fungsinya ya ketika harga-harga naik, BUMN bisa hadir mengintervensi pasar sehingga membantu masyarakat mendapatkan harga bahan pokok yang lebih terjangkau. Kalau BUMN-nya tidak sehat, boro-boro mau bantu masyarakat," beber Erick.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya