TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terungkap! Ini Nama Holding BUMN untuk Garap Baterai Mobil Listrik

Agar bisa lebih cepat memproduksi EV battery

Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Teka-teki pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk baterai mobil listrik atau electric vehicle (EV) battery mulai terkuak dengan sudah ditetapkannya nama untuk perusahaan holding tersebut.

Seperti diketahui bahwa Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu mengonfirmasi beberapa perusahaan BUMN siap membentuk holding untuk perusahaan produsen EV Battery di Indonesia.

Ada empat perusahaan yang disebut bakal membentuk holding BUMN EV Battery nasional. Mereka adalah anak usaha MIND ID atau Inalum, yakni Antam, Pertamina, dan PLN.

Baca Juga: Erick Thohir: 3 BUMN Siap Produksi Baterai Mobil Listrik di 2023

1. Industri Baterai Indonesia

stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) (Dok. Kementerian ESDM)

Meski belum resmi terlahir, holding BUMN ini sudah memiliki nama untuk bisa resmi beroperasi dan memproduksi baterai listrik. Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Percepatan Proyek EV Battery Nasional Agus Tjahajana dalam acara Zooming with Primus yang tayang di Berita Satu Channel, Kamis (4/3/2021).

"Ini namanya sudah ada kebetulan, walaupun belum lahir, belum ada aktanya, namanya itu IBI, Industri Baterai Indonesia nanti," ungkap Agus.

Baca Juga: 3 BUMN Segera Bentuk Holding Indonesia Battery, Begini Konsepnya

2. Anggota holding akan berbagi saham

Ilustrasi memantau pergerakan saham. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa nantinya perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam PT Industri Baterai Indonesia akan berbagi saham dengan presentase yang sama.

"Ini nanti rencananya holding empat perusahaan share-nya akan seperempat, seperempat, seperempat, seperempat," kata dia.

Baca Juga: Holding Industri Baterai Ditargetkan Terbentuk Semester 1 2021 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya