TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Airlangga Usulkan Pengelola Pasar Sediakan Swab Antigen

Potensi penyebaran COVID-19 di pasar harus dipantau

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto (dok. Youtube Kemenko Maritim dan Investasi)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengusulkan para pengelola pasar menyediakan rapid test antigen atau swab test antigen di pasar untuk memantau potensi penyebaran COVID-19 di pasar.

Hal itu disampaikannya ketika menerima audiensi Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) secara virtual kemarin, Selasa (21/9/2021).

"Pengelola pasar juga bisa menyediakan swab antigen di pasar untuk terus memonitor penyebaran COVID-19 di pasar tersebut,” kata Airlangga dikutip dari keterangan resminya, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Harga Telur Masih Murah, Peternak di Malang Terpaksa Afkir Dini Ayam 

1. Pemerintah percepat vaksinasi pedagang pasar

Ilustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Mansuri meminta pemerintah mempercepat vaksinasi bagi pedagang pasar.

Menanggapi permintaan itu, Airlangga mengatakan pemerintah akan membangun sentra vaksinasi di pasar. Namun, dia meminta para pedagang pasar aktif berkoordinasi dengan pihak terkait agar vaksinasi bisa dipercepat.

“Arahan Bapak Presiden sudah jelas bahwa vaksin didistribusikan sebanyak 50 persen melalui Dinas Kesehatan, 25 persen melalui Polri, dan 25 persen melalui TNI. Jadi, pengelola pasar harus aktif berkoordinasi dengan pihak terkait agar bisa mendirikan sentra vaksinasi di pasar sehingga vaksinasi untuk pedagang pasar bisa dipercepat," ucap Airlangga.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Harga Pakan Jagung Turun Jadi Rp4.500 per Kg

2. Pemerintah targetkan herd immunity di akhir tahun

Ilustrasi Vaksin. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selama ini, menurut Airlangga pemerintah terus mempercepat vaksinasi. Hal tersebut konsisten dilakukan untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity pada akhir tahun.

Adapun upaya yang dilakukan pemerintah ialah menjaga ketersediaan vaksin serta proses distribusi vaksin yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Pasalnya, selain menjadi penguatan di sektor kesehatan, vaksinasi juga menjadi salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian.

Baca Juga: Tak Ada PPKM Level 4 di Pasar Ciputat, Pedagang: Kami Butuh Makan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya