TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MIND ID Targetkan Penurunan Emisi 1 Persen Tahun Ini 

Anak usaha MIND ID juga targetkan penurunan emisi 1 persen

MIND ID targetkan penurunan emisi 1 persen di 2022 (dok. MIND ID)

Jakarta, IDN Times - Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia menargetkan penurunan emisi 1 persen pada 2022.

Target itu juga berlaku di anak-anak perusahaan MIND ID, yakni PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk.

Baca Juga: Tekan Emisi, PLN Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Bahan Bakar PLTU Berau

Baca Juga: Mastermine, Aplikasi Pengelolaan Limbah Besutan MIND ID

1. MIND ID targetkan penurunan emisi 15,8 persen sampai 2030

ilustrasi emisi karbon dioksida (pexels.com/Pixabay)

Adapun target penurunan emisi 1 persen itu merupakan bagian dari target penurunan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15,8 persen pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero pemerintah pada 2060.

“Komitmen MIND ID terhadap penurunan emisi sejalan dengan aspek keberlanjutan perusahaan. Program Dekarbonisasi merupakan perwujudan dari salah satu pilar Sustainability Pathway yaitu Environment & Climate Change. Grup MIND ID telah memetakan potensi-potensi inisiasi penurunan emisi pada aktivitas operasional," kata Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan dikutip dari keterangan resminya, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? THR Kamu Ternyata Kena Pajak!

2. Sumber emisi MIND ID

Ilustrasi emisi buatan manusia/Via Antara foto/Sigid Kurniawan

Grup MIND ID sendiri menghasilkan emisi yang berasal dari dua cakupan. Tahun 2019, rona cakupan 1 yang berasal dari penggunaan bahan bakar fosil (batu bara dan marine fuel oil) untuk proses pengolahan, dan bahan bakar diesel untuk kendaraan proyek/alat berat, tercatat total 2,8 juta ton CO2e emisi GRK yang dihasilkan. Untuk rona cakupan 2, penggunaan listrik yang bersumber dari grid PLN untuk kegiatan operasi dan produksi - tercatat sebesar 0,1 juta ton CO2e.

Di 2021, MIND ID menghasilkan emisi Business as Usual (BAU) dari cakupan 1 dan 2 sebesar 3,335 juta ton CO2e yang bersumber dari kegiatan produksi dan operasional pertambangan. Pada MIND ID berhasil mencatat pengurangan emisi sebesar 71 ribu ton CO2e atau sebesar 2,13 persen dari emisi BAU kegiatan produksi dan operasional pertambangan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya