TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelindo Cetak Laba Rp3,9 Triliun Sepanjang 2022  

Pelindo sumbang Rp7,2 triliun ke negara

Pelindo Tower atau kantor pusat PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo. (dok. Pelindo)

Jakarta, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo membukukan laba bersih sebesar Rp3,9 triliun (audited) sepanjang 2022.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan 23 persen dibandingan 2021 lalu atau secara year on year (yoy). Perusahaan menyatakan, laba tersebut merupakan buah dari merger Pelindo pada Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Pelindo Ungkap Awal Mula Kasus Korupsi Dana Pensiun

Baca Juga: Kejagung Tetapkan 6 Tersangka Korupsi Dapen Pelindo, Erick Buka Suara

1. Pelindo kontribusi ke peningkatan laba BUMN

Gedung Kementerian BUMN. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan laba bersih Pelindo ikut menyumbang peningkatan laba BUMN tahun 2022 yang mencapai total Rp303 triliun, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp126 triliun

“Penggabungan Pelindo telah menciptakan sinergi antar entitas dalam Pelindo Grup sehingga pengelolaan pelabuhan dapat dilakukan secara tersentralisasi dan lebih optimal. Hal ini dikombinasikan dengan kinerja yang solid sehingga membuat Pelindo berhasil mencatatkan peningkatan kinerja pada 2022,” ujar Arif dikutip dari keterangan resmi, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Cuan Buat Negara Berkat Merger Pelindo

2. Pelindo setor Rp7,2 triliun ke negara lewat dividen dan pajak

Aktivitas di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Sub-Holding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Dok. Pelindo)

Dari laba yang dicetak tersebut, Pelindo menyumbang Rp7,2 triliun ke negara, dalam bentuk dividen, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), Konsesi, pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN), serta pajak bumi dan bangunan (PBB).

Adapun secara keseluruhan, BUMN menyumbang Rp80,2 triliun ke negara dalam bentuk dividen dari capaian kinerja tahun 2022.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya