TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekor Puluhan Tahun! Harga Batu Bara Acuan Naik 33 Persen 

Harga batu bara naik karena musim dingin dan krisis di China

Ilustrasi batubara (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Harga Batu Bara Acuan (HBA) pada November ini memecah rekor puluhan tahun. HBA melonjak hingga 33 persen menjadi 215,01 dolar Amerika Serikat (AS) per ton.

Harga tersebut naik 53,38 dolar AS per ton dari posisi di bulan Oktober yang masih di level 161,63 dolar AS per ton.

Baca Juga: PLN Sah Gandeng ADB, Apa Kabar PLTU Batu Bara?

Baca Juga: COP26: 190 Negara Sepakat Hentikan Pemakaian Batu Bara

1. Harga batu bara naik gara-gara krisis di China

Ilustrasi proses pengangkutan batubara PTBA (IDN Times/Istimewa)

Kementerian ESDM mencatat kenaikan HBA yang fantastis itu dipengaruhi oleh datangnya musim dingin dan krisis batu bara yang dialami China. Kondisi itu berimbas pada harga batu bara global.

"Harga ini merupakan level HBA tertinggi dalam puluhan tahun terakhir. Permintaan dari Tiongkok terus meningkat menyusul mulai memasuki musim dingin serta kondisi cuaca buruk menyebabkan terganggunya kegiatan produksi dan transportasi batu bara di provinsi produsen batu bara," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dikutip dari keterangan resminya, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Laba MIND ID Meroket 799 Persen, Tembus Rp9,8 Triliun

2. Kenaikan harga gas alam juga kerek harga batu bara

Ilustrasi Batubara (IDN Times/Aditya Pratama)

Di sisi lain, kenaikan harga gas alam mempengaruhi harga batu bara global. "Supercycle masih punya pengaruh mendorong kenaikan harga komoditas dasar akibat dari adanya pertumbuhan ekonomi global baru pascapandemi," ucap Agung.

Kementerian ESDM mencatat sepanjang 2021 ini HBA mengalami reli yang luar biasa. Pada Januari saja, HBA masih berada pada level 75,84 dolar AS per ton. Lalu, di bulan Februari naik menjadi 87,79 dolar AS per ton.

Di bulan Maret, HBA sempat turun menjadi 84,47 dolar AS per ton. Kemudian, HBA terus naik hingga bulan ini. Rinciannya, April di angka 86,68 dolar AS, Mei 89,74 dolar AS, Juni 100,33 dolar AS, Juli 115,35 dolar AS, Agustus 130,99 dolar AS, September 150,03 dolar AS, dan Oktober 161,63 dolar AS per ton.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya