TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejarah Hari Pangan Sedunia 16 Oktober

150 negara peringati Hari Pangan Sedunia, lho!

Jutaan ton makanan dibuang sia-sia meski banyak orang kelaparan. Ilustrasi (unsplash.com/ja ma)

Jakarta, IDN Times - Hari ini, Sabtu 16 Oktober, dunia memperingati Hari Pangan Sedunia. Peringatan itu dicetuskan oleh Organisasi Pangan Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) yang merupakan organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Indonesia sebagai anggota PBB turut merayakan Hari Pangan Sedunia setiap tahunnya. Biasanya, pemerintah menggelar Gelar Pangan Murah (GPM) dalam memperingati Hari Pangan Sedunia.

Baca Juga: Anjloknya Harga Telur Ayam Picu Deflasi 0,04 Persen di September

Baca Juga: Apa Kabar Cita-cita Swasembada Pangan Indonesia di Usia 76 Tahun?

1. Sejarah Hari Pangan Sedunia

un.org

FAO pertama kali mencetuskan Hari Pangan Sedunia pada 1976. Kala itu, FAO sedang menggelar konferensi ke-20 di Roma, tepatnya pada November 1976. Peringatan itu dituangkan dalam resolusi nomor 179 mengenai World Food Day.

Dikutip dari situs Dinas Pangan Sumatra Barat, Sabtu (16/10/2021), resolusi nomor 179 itu disepakati oleh 147 negara anggota FAO, termasuk Indonesia. Meski dicetuskan pada 1976, namun setiap anggota FAO baru sepakat memperingatinya pada 5 tahun setelahnya, yakni 1981.

Baca Juga: Catat! Daftar Sembako yang Tak Kena PPN 11 Persen

2. Tujuan dicetuskannya Hari Pangan Sedunia

Toko Tani Indonesia Center di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sulsel. Humas Pemprov Sulsel

Hari Pangan Sedunia bukan hanya sebuah tanggal atau sebuah hari. Namun, Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya penanganan masalah pangan baik ditingkat global, regional, maupun nasional.

Di 2021 ini, ada 150 negara yang memperingati Hari Pangan Sedunia. FAO turun menggelar sejumlah acara yang melibatkan pemerintah, bisnis, lembaga swadaya masyarakat (LSM), media, dan masyarakat umum.

Berdasarkan situs resmi FAO, perayaan Hari Pangan Sedunia tahun ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan di seluruh dunia terhadap mereka yang menderita kelaparan dan kebutuhan, sehingga bisa memastikan diet sehat untuk semua orang.

Selain itu, Hari Pangan Sedunia 2021 akan mencari peringatan kedua di tengah pandemik COVID-19.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya