TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baznas: 50 Persen Lebih Donatur Zakat adalah Millennial

Berzakat kini bisa melalui berbagai platform daring

Instagram/BaznasIndonesia

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakananta, mengatakan tren membayar zakat di kalangan anak muda sangat luar biasa. Data terbaru yang dihimpun oleh Baznas, sebanyak 50 persen lebih donaturnya berasal dari generasi millennial.

“Paling banyak jumlah muzaki (pembayar zakat) Baznas adalah kelompok milenial dan generasi Z. Persentasenya lebih dari 50 persen anak-anak muda,” kata Arifin saat live Instagram bersama IDN Times, Senin (15/6).

1. Akhir Ramadan muzaki millennial meningkat pesat

Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta, menyampaikan ajakan lewat poster zakat tumbuh bermanfaat bersama Baznas di Jakarta, Minggu (19/5/2019). (ANTARA/Boyke)

Arifin mengatakan ada 40 ribu anak muda per hari yang membayar zakat fitrah pada hari-hari terakhir Ramadan. 

“Zakatnya memang tidak sebesar orang-orang tua yang mapan, tapi anak-anak muda berinfak sedikit tapi jumlah penyumbangnya banyak. Akhir Ramadan saja satu hari sampai 40 ribu orang yang menyumbang ke Baznas dengan angka yang beragam,” katanya.

2. Bayar zakat bisa melalui berbagai platform daring

Tangkapan layar bayar zakat online (www.baznas.go.id)

Menurut lelaki yang pada 2019 lalu mendapat penghargaan sebagai Top Eksekutif Muslim, tren zakat di kalangan millennial tidak lepas dari inovasi Baznas yang menyediakan layanan pembayaran zakat melalui berbagai platform daring.

“Kami sudah kerja sama degan 40 lebih kanal digital untuk memudahkan orang-orang bisa berzakat ke Baznas. Maka kemarin zakat online kami naik dua kali lipat dari yang direncanakan, dan anak-anak muda sekarang zakat pakai gadget,” terang Arifin.

Baca Juga: Global Zakat-ACT Ajak Perkuat Ekonomi Masyarakat Bersama Melalui Zakat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya