Comscore Tracker

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk Millennials

Siapa tahu bisa jadi sukses!

Di zaman serba canggih ini, dunia bisnis terus berkembang. Ada bisnis yang pada zaman sebelumnya sangat diminati orang-orang namun mulai menghilang eksistensinya dan ada pula bisnis-bisnis baru yang bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan dan selera pasar.

Bagi kalangan Millenials, berbisnis bisa menjadi jalan keluar yang ampuh untuk mencari uang tanpa harus berurusan dengan bos. Selain karena lebih bebas dalam mengatur waktu bekerja, membuka peluang bisnis juga bisa menjadi sarana Millenials untuk menuangkan segala ide kreatif yang mereka miliki sesuai dengan keinginan mereka sendiri dan tren yang ada di pasar.

Di antara banyaknya bisnis yang bisa dipilih, setidaknya ada 5 bisnis atau usaha kreatif yang cocok untuk dilakukan oleh Millenials, lho! Penasaran? Simak artikel berikut ini ya!

1. Kuliner

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk MillennialsPixabay.com/fan4tian2

Kuliner bisa dibilang sebagai usaha yang tidak ada matinya. Malahan bisnis ini terus berkembang dan menjadi peluang yang baik bagi Millenials yang ingin menggelutinya. Tidak perlu repot-repot sampai harus buka toko, bisnis kuliner saat ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media internet untuk penjualannya.

Sebagai contoh anak muda yang sukses dalam bisnis ini, kamu bisa melihat pada putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang memiliki produk kulinernya sendiri yaitu Sang Pisang.

2. Fashion

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk MillennialsPixabay.com/Free-Photos

Fashion bisa jadi merupakan bisnis yang cocok bagi kamu yang memiliki minat dalam hal desain pakaian. Bisnis ini juga merupakan salah satu yang terus berkembang mengikuti tren yang ada di pasar. Oleh karena itu, kesigapan si pelaku bisnis dalam membaca tren pasar menjadi salah satu poin penting dalam menggeluti usaha ini. 

Bisnis fashion sebenarnya juga membutuhkan kreativitas dan usaha yang lebih. Hal tersebut karena dalam menciptakan brand sebisa mungkin si pelaku bisnis tidak melulu mengikuti arus, melainkan mencoba menciptakan tren. Selain itu, modal untuk memulai usaha ini juga tergolong tidak kecil.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama Teman

3. Startup

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk MillennialsPixabay.com/FirmBee

Bisnis startup juga merupakan bisnis yang mulai dilirik oleh anak-anak muda saat ini. Hal tersebut bisa dilihat dari banyak berdirinya perusahaan perintis yang sebagian besar berasal dari pembuatan aplikasi dan game serta e-commerce atau bisnis lain yang berhubungan dengan teknologi dan internet.

Bisnis startup yang merupakan bisnis rintisan memikat hati orang-orang saat ini karena adanya sentuhan teknologi di dalamnya, dimana Millenials saat ini sangat akrab dengan hal tersebut dan menjadi pangsa pasar yang strategis. 

4. Event organizer

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk MillennialsPixabay.com/rawpixel

Bagi Millenials yang suka bergelut dalam urusan membuat acara, mungkin bisnis yang satu ini bisa menjadi solusi untuk memenuhi gairah tersebut sambil mendapatkan pundi-pundi rupiah. 

Event organizer merupakan sebuah bisnis berbasis layanan dimana ia hadir untuk mengelola suatu acara yang diminta oleh mitra yang biasanya berasal dari organisasi, perusahaan, maupun perseorangan.

Bisnis ini akan menguji kesolidan tim dan kreativitasmu dalam meracik suatu acara yang diminta oleh klien agar acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kedua belah pihak dan pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan bagi keduanya.

5. Content creator

Berani Coba? Ini 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk MillennialsUnsplash.com/John Schnobrich

Menjadi seorang content creator juga bisa menjadi alternatif usaha yang bisa kamu lakukan. Banyak wadah yang menampung para content creator untuk menyebarluaskan konten yang dimiliki oleh penggiatnya. Misal untuk konten video, ada YouTube yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang sangat besar.

Selain itu, dalam bidang konten tulisan, IDNTimes juga menjadi salah satu platform yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para penulis untuk membagikan konten tulisannya untuk kemudian dapat ditukarkan menjadi pundi-pundi rupiah.

Usaha ini tergolong minim modal karena hal paling penting untuk memulainya adalah kemauan dan ketekunan. Paling-paling kamu hanya membutuhkan internet dan sarana penunjang lain seperti laptop dan kamera untuk memulai karir sebagai content creator. Oleh sebab itu, usaha ini menjadi salah satu yang lumayan menjanjikan ditengah arus teknologi informasi yang terus berkembang.

Nah, itu dia kelima bisnis atau usaha yang mulai diminati oleh para Millenials. Dari seluruh bisnis yang disebutkan di atas, syarat mutlak untuk memulainya tentu adalah dengan mau mencoba dan belajar agar kesuksesan dapat diraih.

Di antara kelima bisnis tersebut kira-kira mana yang akan kamu geluti?

Baca Juga: 7 Aplikasi Instagram Planner, Cocok untuk Pelaku Bisnis dan Selebgram

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You