Comscore Tracker

Usai COVID, Peluang Bank Syariah Lebih Besar dari Konvensional

Produk halal jadi perhatian publik

Jakarta, IDN Times - Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Arief Hartawan, menyebutkan masyarakat Indonesia berpeluang menggunakan Bank Syariah dibanding konvesional usai pandemi COVID-19.

"Dari kasus-kasus COVID-19 yang membuat lockdown, orang-orang jadi concern terhadap yang sehat dan salah satunya dengan produk halal ini," ujar Hartawan.

Tak hanya itu, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia pun menjadi salah satu penyebabnya.

Hartawan mengaku, ingin terus mengembangkan ekosistem syariah dengan menciptakan demand yang lebih tinggi sehingga supply-nya pun akan mengikuti.

Sebab, salah satu tugas dari Bank Indonesia yakni menjadikan ekonomi Indonesia terus tumbuh. Namun, masyarakatnya tetap sejahtera.

Hal ini disampaikan Arief Hartawan dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 by IDN Times, Stage Visionary Leaders bertajuk From Indonesia To Global Market, Sharia EconomyPotential pada Kamis (29/9/2022) di The Tribrata, Jakarta Selatan.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Butuh 3-4 Bank Syariah Seperti BSI Maksimalkan Potensi Syariah di RI

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya