Comscore Tracker

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-sia

Gunakan secara bijak ya

Ketika menyongsong akhir tahun, bonus adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pekerja. Ibaratnya, bak pelengkap manis menyambut tahun baru. Lumayanlah untuk membeli kebutuhan sekaligus berbagi dengan saudara. Tapi, tahun ini segalanya berbeda. Ada wabah COVID-19 yang melanda seluruh negara dan nyaris melumpuhkan semua sektor usaha. 

Wabah ini seperti mengubah cara hidup masyarakat termasuk mengelola keuangan. Kamu wajib bersyukur jika masih mendapatkan bonus akhir tahun saat pandemi, namun harus bijak pula ketika menggunakannya. Berikut ini beberapa langkahnya, semoga berguna, ya. 

1. Lihat sekitarmu, jangan lupa berbagi rejeki kepada mereka yang juga membutuhkan 

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-siapexels.com/Porapak Apichodilok

Banyak pihak yang dirugikan selama pandemi. Perusahaan kolaps dan mengalami kerugian. Ribuan orang dirumahkan bahkan gak sedikit juga yang di PHK. Jangankan mendapat bonus, masih bisa bekerja saja sudah sangat bersyukur. 

Saat kamu mendapat bonus akhir tahun, jangan lupa berbagi rejeki dengan mereka yang membutuhkan. Misalnya security kompleks rumah, abang-abang pengamen atau siapa saja yang membutuhkan. Pemberianmu sangat berarti lho, karena siapa yang tahu saat kamu memberi, bisa membantu mengenyangkan perut seseorang. 

2. Jangan boros, gunakan bonus untuk membeli barang yang kamu butuhkan 

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-siapexels.com/Karolina Grabowska

Dapat bonus akhir tahun bukan berarti bisa foya-foya ya, guys. Setidaknya bukan untuk saat ini. Kita gak tahu sampai kapan wabah ini tetap ada dan kita juga gak tahu sampai kapan finansialmu akan tercukupi. 

Untuk sekarang, kita harus bijaksana dalam mengelola keuangan. Gunakan uang bonus untuk membeli barang yang betul-betul dibutuhkan. Hal yang sifatnya tersier bisa kamu tahan dulu deh. Ingat, prioritaskan apa yang diperlukan, ya. 

Baca Juga: 5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percuma

3. Uang bonus bisa digunakan untuk membayar tagihan. Misalnya aja hutang, kredit, atau cicilan

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-siapexels.com/Karolina Grabowska

Pakai bonus untuk kebutuhan yang sifatnya urgent seperti melunasi pinjaman, membayar kredit atau cicilan. Melunasi tagihan di awal akan memberi kamu kelegaan karena gak dihantui lagi perkara pinjam meminjam.

Setelah semuanya lunas, akan lebih baik untuk mengubah gaya hidup supaya gak boros. Berjaga-jaga sekarang tentu lebih baik untuk mengantisipasi kejadian di masa mendatang.

4. Alokasikan uang bonus sebagai dana simpanan darurat di masa depan 

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-siapexels.com/Startup Stock Photos

Karena bonus hanya didapatkan sekali dalam setahun, simpan uangnya baik-baik dengan perencanaan yang matang. Kalau bisa diputar sebagai investasi maka lebih baik, tapi jika hanya ingin menyimpannya di bank gak masalah kok. 

Pokoknya jangan kebablasan menghabiskan bonus dengan sia-sia. Sisihkan sebagai dana simpanan darurat masa depan. Bertahan di tengah kesulitan seperti sekarang gak mudah. Sudah dapatnya sekali dalam setahun, masa habisnya hanya sehari.

5. Selalu bersuyukur untuk setiap rezeki dan nikmat yang kamu dapatkan 

5 Cara Bijak Gunakan Bonus Akhir Tahun Saat Pandemik, Gak Sia-siapexels.com/Blu Byrd

Tahun ini berbeda dari sebelumnya. Mungkin di antara kamu ada yang gak bisa mudik karena dilarang. Atau ada yang gajinya rela di potong supaya perusahaan gak mengalami kerugian besar. 

Besar atau kecil gaji yang kamu dapat, tetaplah bersyukur. COVID-19 gak cuma memaksa kita untuk waspada, tapi juga berubah secara keseluruhan mulai dari gaya hidup dan mengatur pola keuangan. Jadi, seberapa besar pendapatan yang kamu dapat, jangan berkecil hati dan ingat untuk selalu bersyukur ya. 

Tidak semua orang menikmati bonus akhir tahun, terlebih di saat pandemik seperti ini. Jika kamu mendapatkannya, sudah selayaknya bersyukur dan memanfaatkannya dengan baik bukan. Gak membelanjakannya bukan berarti kamu gak menikmatinya.

Baca Juga: Merasa Gaji Kamu Kecil? Coba 5 Cara Ini untuk Dapat Uang Tambahan

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya