Comscore Tracker

Apkasi Bahas Program untuk Pacu Kualitas SDM Daerah

Acara diselenggarakan di Bali

Jakarta, IDN Times – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan menggelar Rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan membahas sejumlah agenda. Salah satunya, program kerja Apkasi sesuai dengan visi pemerintah pusat tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Banyak yang akan dibahas di Rakernas, salah satu yang utama adalah bagaimana agar daerah semakin berkembang, termasuk SDM nya, sesuai arah besar kebijakan Presiden Jokowi dalam lima tahun ke depan. Intinya agar indeks Pembangunan Manusia (IPM) semua daerah naik, kualitas SDM kian merata, tidak hanya unggul di kota-kota besar saja,” ujar Plt Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas.

1. Program yang akan dijalankan

Apkasi Bahas Program untuk Pacu Kualitas SDM DaerahAPKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia)

Terdapat lima program yang dijalankan seperti kesehatan, pendidikan vokasional, peningkatan kualitas pendidik, kemudahan dalam akses pendidikan, dan pendidikan berkarakter Pancasila. Anas mengatakan bahwa program-program tersebut harus dilaksanakan secara terpadu.

“Misalnya terkait pendidikan vokasi, diperlukan kolaborasi dengan pemerintah provinsi sebagai pemegang kewenangannya. Demikian pula kesehatan ibu dan anak, misalnya untuk penurunan stunting, harus menjadi program bersama dengan berpijak pada kearifan pangan lokal,” ujar Anas.

Baca Juga: Kadin: Revolusi Industri 4.0, SDM Akan Bersaing Dengan Teknologi 

2. Apkasi mendukung ide Kemendikbud

Apkasi Bahas Program untuk Pacu Kualitas SDM DaerahAPKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia)

Apkasi mendukung ide Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam meningkatkan kualitas pendidik dengan menyediakan dana alokasi umum untuk gaji guru honorer. Menurut Anas apabila diperhitungkan dengan cermat, ini tidak akan menganggu program lain dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), mengingat sebagiannya dibiayai oleh dana alokasi umum.

Selain itu, Kabupaten didukung oleh pusat dan provinsi dalam peningkatan kemudahan akses Pendidikan. Untuk akses Pendidikan tinggi banyak Kabupaten yang memberikan beasiswa yang kemudian perlu diselaraskan dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah dari pemerintah pusat.

3. Dibarengi dengan APKASI Smart Regency Expo & Forum

Apkasi Bahas Program untuk Pacu Kualitas SDM DaerahAPKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia)

Selain acara rakernas yang akan dilaksanakan pada 21-23 Agustus di Bali, akan hadir juga Apkasi Smart Regency Expo & Forum 2019 dengan tema menuju kabupaten cerdas melalui digitalisasi pelayanan publik. Terdapat expo inovasi pelayanan publik berbasis digital yang dikembangkan di berbagai kabupaten.

“Apkasi mendorong perubahan pelayanan publik berbasis TI. Tanpa TI, kita tidak akan bisa memenuhi ekspetasi masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, murah, dan pasti,” ujar Sekjen Apkasi yang juga Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Pendidik Wajib Melek Teknologi Digital

Topic:

  • Aulia Fitria
  • Anata Siregar

Just For You